Alat Pemantau Perangkat Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom Berbasis IoT

DIAN EKA MUZDALIFAH

Informasi Dasar

18.06.386
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Laboratorium adalah sarana penunjang pembelajaran dan sumber unit dasar untuk pengembangan ilmu dan pendidikan. Di laboratorium Fakultas Ilmu Terapan terdapat beberapa inventaris perangkat laboratorium yang total nilainya mencapai ratusan juta rupiah. Perangkat juga memiliki resiko kehilangan yang cukup tinggi, terlebih jika perangkat tersebut merupakan perangkat yang sering digunakan oleh mahasiswa. Untuk mengurangi kehilangan perangkat khususnya board PLC pneumatic yang totalnya bernilai ratusan juta rupiah maka diperlukan sebuah alat yang dapat memantau perangkat di dalam suatu laboratorium.

Dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things, dapat membantu mengurangi kehilangan perangkat dalam laboratorium. Maka teknologi ini dapat membantu staff laboratorium dalam memonitoring perangkat yang ada dalam laboratorium.

Alat yang dibuat dapat membantu mengurangi kehilangan perangkat dalam suatu laboratorium dan dimonitoring dari manapun melalui smartphone. Alat ini menyediakan fitur yang dapat membantu staff laboratorium memantau perangkat yang ada di laboratorium dengan cara mengambil data mac address dari access point tiap beberapa waktu dan apabila terjadi perpindahan perangkat antar laboratorium maka data mac address dikirim ke database. Selain itu, apabila perangkat bergerak keluar dari laboratorium dan tidak terdeteksi oleh jaringan wifi maka akan berubah otomatis menggunakan module GPS kemudian mengirim data ke database. Dengan diimplementasikannya alat ini pada laboratorium, staff laboratorium dengan mudah memonitoring perangkat dalam laboratorium.

Kata kunci : Laboratorium, Internet of Things, database, mac address, module GPS.

Subjek

APPLICATION SOFTWARE-DEVELOPMENT
 

Katalog

Alat Pemantau Perangkat Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom Berbasis IoT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIAN EKA MUZDALIFAH
Perorangan
INDRA AZIMI, BAMBANG PUDJOATMODJO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • DPH3B4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini