ANALISIS PERBANDINGAN POLA SINYAL ALPHA DAN THETA EEG UNTUK DETEKSI TRYPOPHOBIA DENGAN MENGGUNAKAN HJORTH DESCRIPTOR

RIZAL FACHRUDIN MAULANA

Informasi Dasar

18.04.1935
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Trypophobia merupakan salah satu fobia spesifik yang mengacu pada ketakutan, panik, dan jijik saat diberi rangsangan visual yang terdiri dari objek berupa kumpulan benda berlubang dan tidak berbahaya seperti kondensasi air, sarang lebah, dan spons laut. Electroencephalograph (EEG) merupakan alat untuk merekam aktivitas listrik pada otak melaui elektroda yang diletakan pada kulit kepala. Rekaman sinyal EEG berisi informasi mengenai keadaan fisiologis otak dan gangguan neurologis pada otak.

Pada tugas akhir ini dibangun sistem untuk mendeteksi trypophobia berdasarkan analisis pola sinyal alpha dan theta EEG. Metoda Hjorth Descriptor sebagai metode ekstraksi ciri sinyal EEG. Untuk metoda klasifikasi menggunakan Support Vector Machine.

Hasil pengujian menunjukkan akurasi terbaik pada sinyal alpha pada kernel RBF didapatkan dengan nilai 95.83% dan pada sinyal theta didapatkan dengan nilai 87.5% untuk mendeteksi trypophobia dan tidak. Serta dilakukan pengujian dengan menambahkan kelas stress dengan hasil akurasi terbaik alpha sebesar 75% dan sinyal theta 66.66%. Maka dapat disimpulakan bahwa sinyal trypophobia berbeda dengan yang tidak. Namun jika dibandingkan dengan kondisi stress, sinyal trypophobia masih ada kemiripan dengan kondisi stress.

Subjek

SIGNAL PROCESSING
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN POLA SINYAL ALPHA DAN THETA EEG UNTUK DETEKSI TRYPOPHOBIA DENGAN MENGGUNAKAN HJORTH DESCRIPTOR
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZAL FACHRUDIN MAULANA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • FEH3A3 - PENGOLAHAN SINYAL WAKTU DISKRIT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini