IDENTIFIKASI KUALITAS KESEGARAN SUSU SAPI MELALUI PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE WATERSHED DAN KLASIFIKASI LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ)

MOHAMAD FIKRI PERMANA

Informasi Dasar

18.04.1930
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sapi adalah hewan mamalia yang dapat menghasilkan manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya yaitu dari susu. Susu sapi dapat membantu pertumbuhan dan daya tahan tubuh pada manusia. Mengingat secara fisik susu sapi berupa cairan, sehingga mudah diserap, dicerna, serta dimanfaatkan sebagai makanan bergizi. Tingginya minat masyarakat terhadap susu, membuat para produsen melakukan inovasi agar mendapatkan keuntungan yang lebih dengan menurunkan kualitas asli dari susu sapi. Misalnya menambahkan bahan tambahan air agar volumenya lebih banyak. Cara umum dalam membedakan kualitas susu, yaitu dari aroma dan rasa, namun hal tersebut tidak efektif karena indra perasa setiap orang dapat berbeda.
Pada era masa kini diperlukan teknologi yang dapat membedakan susu murni dengan susu yang sudah dicampur bahan lain. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi kualitas kesegaran susu sapi melalui pengolahan citra digital menggunakan metode Watershed, dimana proses ekstraksi ciri menggunakan Local Binary Pattern serta diklasifikasikan menggunakan Learning Vector Quantization. Sistem tersebut telah diaplikasikan melalui penggunaan perangkat lunak Matlab dengan mengidentifikasi dan mengklasifikasikannya pada tekstur susu sapi. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengambil sampel susu sapi murni dan sampel susu sapi yang dicampur air sebanyak 25%, 50%, dan 75%. Hasil penelitian identifikasi kualitas kesegaran susu diperoleh tingkat akurasi sebesar 92.5% dan waktu komputasi 0.4791 detik. Kata Kunci: Susu Sapi, Watershed, Learning Vector Quantization

Subjek

IMAGE PROCESSING
 

Katalog

IDENTIFIKASI KUALITAS KESEGARAN SUSU SAPI MELALUI PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE WATERSHED DAN KLASIFIKASI LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMAD FIKRI PERMANA
Perorangan
BAMBANG HIDAYAT, SJAFRIL DARANA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini