PEMISAHAN VERSE DAN REFF SECARA OTOMATIS PADA MUSIK MP3 MENGGUNAKAN KORELASI ANTAR FRAME BERBASIS CIRI MODIFIED DISCRETE COSINE TRANSFORM (MDCT)

IMANTYA RIZKA UTAMI

Informasi Dasar

18.04.1895
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di masa sekarang teknologi telekomunikasi tidak hanya untuk mengirimkan satu informasi dari satu titik ke titik yang lain, tetapi meluas contohnya dunia musik. Dengan adanya pengolahan sinyal informasi dalam dunia musik, dimana bisa mengidentifikasi sinyal informasi pada lagu, lagu dijadikan sebagai objek utama dikarenakan perkembangan entertainment musik yang begitu pesat. Penelitian ini tentang pencarian verse dan reff dengan inputan potongan verse dan reff dari lagu untuk disimpan pada database yang terdiri dari 25 data potongan verse dan reff dan berbagai genre yang diproses secara manual. Tugas Akhir ini menggunakan metode Modified Discrete Cosine Transform (MDCT) yaitu mencari reff dan verse pada lagu secara otomatis, proses yang dilakukan untuk menentukan letak verse dan reff dengan menggunakan korelasi antar frame setelah frame tersebut dilakukan ekstraksi ciri menggunakan MDCT. Di dalam tugas akhir ini, 25 file lagu pada database menghasilkan rata-rata akurasi 75% dari ketepatan letak verse dan reff dalam detik dari hasil metode dibandingkan dengan letak aktual dari hasil pemisahan verse dan reff secara manual pada masing-masing lagu. Waktu komputasi terbaik pada tugas akhir ini 95 detik dengan frame 1000ms untuk pemotongan 1 lagu file mp3.

Kata kunci : Modified Discrete Cosine Transform (MDCT), verse, reff.

Subjek

SIGNAL - PROCESSING
 

Katalog

PEMISAHAN VERSE DAN REFF SECARA OTOMATIS PADA MUSIK MP3 MENGGUNAKAN KORELASI ANTAR FRAME BERBASIS CIRI MODIFIED DISCRETE COSINE TRANSFORM (MDCT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IMANTYA RIZKA UTAMI
Perorangan
RITA MAGDALENA, I NYOMAN APRAZ RAMATRYANA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4P3 - COMPUTER VISION
  • FEH3A3 - PENGOLAHAN SINYAL WAKTU DISKRIT
  • TTH4O3 - SPEECH PROCESSING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini