ANALISIS DATA FAILURE PADA JARINGAN COVERAGE AREA LTE DI DAERAH CISITU BANDUNG

IDA RETNOWATI

Informasi Dasar

18.04.1884
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Data failure terjadi ketika user ingin melakukan pengiriman data, namun terjadi kegagalan untuk sampai pada transmitter. Hal ini terjadi disebabkan adanya obstacle yang menghalangi antara transmitter dengan receiver. Maka dari itu data failure harus dihindari, sebab akan menggangu proses kegiatan pengiriman data pada user.

Pada tugas akhir ini, analisis penyebab terjadinya data failure pada jaringan LTE dengan metode drive test pada sample daerah dengan analisis area focus zone, yaitu daerah Cisitu, Kota Bandung. Setelah mendapatkan data hasil drive test berupa log file dianalisis dengan menggunakan software Actix. Parameter yang ditinjau yaitu RSRP, SINR, mean throughput dan reejct user. Dimana parameter tersebut akan dibandingkan dengan nilai Key Performance Indicator (KPI).

Berdasarkan hasil analisis dan simulasi didapatkan peningkatan pada setiap parameter, sehingga mencapai target nilai KPI. Dari hasil permasalahan low RSRP setelah hasil perbaikan mengalami kenaikan dari 71,835% > -90 dBm menjadi 90,207% > -90dBm. Dari hasil permasalahan low SINR setelah hasil perbaikan mengalami kenaikan dari 84,287% > 5 dB menjadi 91,48% > 5 dB. Dari hasil permasalahan low mean throughput setelah hasil perbaikan mengalami kenaikan dari 17,6 Mbps menjadi 28,3 Mbps. Serta dari permasalahan reject user setelah hasil perbaikan mengalami kenaikan dari 7% menjadi 0,1%.

Kata Kunci : drive test, RSRP, SINR, mean throughput, Key Performance Indicator

Subjek

TELECOMMUNICATION & COMMUNICATION
 

Katalog

ANALISIS DATA FAILURE PADA JARINGAN COVERAGE AREA LTE DI DAERAH CISITU BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IDA RETNOWATI
Perorangan
UKE KURNIAWAN USMAN, HURIANTI VIDYANINGTYAS
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini