Menulis Makalah dan Artikel

Imam Suyitno

Informasi Dasar

11.462
808.066
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
24

Menulis makalah dan artikel ilmiah merupakan bagian penting dalam kehidupan akademisi, mahasiswa, dan para pendidik. Bagi ilmuan, makalah dan artikel ilmiah merupakan sarana efektif untuk menyebarkan informasi ilmiah. Bagi mahasiswa, menulis makalah dan artikel merupakan sarana berlatih mengembangkan kemampuan bernalar dan berekspresi dalam bentuk tulis untuk mengungkapkan gagasan secara logis dan sistematis. Bagi Guru, makalah dan artikel ilmiah dapat menjadi wahana untuk mengembangkan profesinya, terutama berkaitan dengan memenuhi tuntutan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Melalui membaca buku ini, pembaca akan mendapat wawasan dan mendapatkan perlatihan yang memadai untuk menulis makalah dan artikel ilmiah sehingga dapat menjawab dan mengatasi persoalan tersebut.

Subjek

WRITING
WORKING PAPER

Katalog

Menulis Makalah dan Artikel
978-602-8650-64-9
xii, 153p.: il.; 25cm.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Imam Suyitno
Perorangan
 
 

Penerbit

Refika Aditama
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

  • SK742073 - FEATURE WRITING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  Menulis Makalah dan Artikel 27 December, 2012
rikayuliant – RIKA YULIANT
Buku ini bagus digunakan sebagai buku panduan untuk menulis karya ilmiah, memberikan wawasan secara teoretis mengenai apa dan bagaimana menulis karya ilmiah, bahasa yang digunakan oleh penulis dalam buku ini sederhana, lugas dan mudah dimengerti.
Karya ilmiah merupakan karya tulis yang disusun atau dikembangkan berdasarkan perisedur ilmiah, pada Unit 1 buku ini dipaparkan mengenai hakikat, karakteristik, dan bentuk karya ilmiah, dilanjutkan dengan perencanaan karya ilmiah yang disajikan di Unit 2 mulai dari menentukan topik karya ilmiah, spesifikasi topik, merumuskan judul karya ilmiah, menetapkan tujuan penulisan, menyusun kerangka isi karya ilmiah sampai mengumpulkan bahan penulisan untuk suatu karya ilmiah.
Makalah dan artikel merupakan salah satu bentuk karya ilmiah, pada Unit 3 dan 4 secara berurutan diuraikan mengenai pengertian makalah dan artikel ilmiah secara teori disertai contoh dan latihan praktik menulis karya ilmiah tersebut. Dalam mengembangkan suatu karya ilmiah seorang penulis menuliskan kutipan yaitu mengambil gagasan orang lain yang dimuat dalam sumber pustaka tertentu untuk dicantumkan dalam tulisannya, kegiatan ini kita kenal sebagai kegiatan mengutip. Cara penulisan dan tatakrama pengutipan disajikan di Unit 5 dalam buku ini.
Pada Unit 6 dipaparkan penggunaan ejaan dan penulisan kata (penulisan imbuhan, gabungan kata, penulisan kata depan, penulisan partikel, kata ulang, singkatan, akronim, serta penulisanangka dan lambang bilangan) dalam karya ilmiah, dilajutkan dengan cara penggunaan pilihan kata dan bentukan kata dalam menulis karya ilmiah yang diuraikan dalam Unit 7.
Kalimat yang digunakan dalam suatu karya ilmiah adalah kalimat baku yang efektif, pada Unit 8 dipaparkan mengenai pengembangan kalimat karya ilmiah. Kumpulan dari sejumlah kalimat yang merupakan suatu informasi yang memiliki ide pokok biasa kita sebut sebagai paragraf, pada Unit 9 dijelaskan cara mengembangkan paragraf karya ilmiah, mulai dari pengertian paragraf, kegunaan paragraf, ide pokok, syarat-syarat pembentukan paragraf sampai pengembangan paragraf dalam menulis karya ilmiah. Buku ini memberikan wawasan teoretis dan praktis untuk menulis suatu karya ilmiah dan sangat membantu saya dalam menyusun makalah ilmiah.
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini