Pembingkaian Pemberitaan “Nobar” Film G30SPKI di Media Daring (Analisis Framing Pan & Kosicki Pada Detik.com dan Kompas.com Periode 18 September – 8 Oktober 2017)

LUTHFIAN KHOIRONI

Informasi Dasar

18.04.1666
070.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini berjudul “Pembingkaian Pemberitaan “Nobar” Film G30SPKI di Media Daring (Analisis Framing Pan & Kosicki Pada Media Detik.com dan Kompas.com Periode 18 September – 8 Oktober 2017)” bertujuan untuk melihat bagaimana pemberitaan mengenai isu pro dan kontra terhadap pemutaran film G30SPKI yang dibingkai oleh dua media daring yakni detik.com dan kompas.com pada periode bulan September 2017 yang mana akan ditinjau dari struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Metode analisis yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah analisis framing model Zhongdang Pan dan Kosicki. Adapun metode penelitiannya adalah metode penelitian kualitatif dan menggunakan paradigma konstruktivisme.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media daring detik.com detik.com terlihat lebih cenderung menganggap bahwa pemutaran film G30SPKI merupakan suatu hal yang wajar jika dipertontonkan kepada masyarakat, hal tersebut terlihat dengan cara detik.com berusaha meyembunyikan beberapa fakta mengenai pemberitaan yang disajikan, seperti menyembunyikan fakta bahwa film G30SPKI sifatnya yang wajib ditonton oleh warga, film G30SPKI mengandung unsur propaganda, ada adegan kekerasan yang sadis. Selain menyembunyikan fakta, detik.com juga terlihat berusaha memperhalus opini dari sumber berita, dan juga pemilihan sumber detik.com terlihat subjektif yakni dengan memilih sumber dari TNI ataupun jajarannya yang secara tidak langsung akan mendukung pemutaran film G30SPKI. Sedangkan kompas.com terlihat lebih cenderung menganggap bahwa pemutaran film G30SPKI merupakan suatu hal yang tidak pantas untuk wajib dipertontonkan, terlihat dari kompas.com yang berusaha menonjolkan beberapa fakta pada pemberitaan mengenai pemutaran film G30SPKI seperti bahwa film G30SPKI mengandung unsur propaganda yang mana film tersebut memang tujuannya adalah berusaha agar penonton membenci PKI , tidak sesuai dengan generasi-generasi milineal, banyak adegan kekerasan yang sadis dan vulgar, dan tidak pantas dijadikan pembelajaran untuk para pelajar. Selain itu kompas.com juga memperlihatkan secara terang-terangan opini buruk dari sumber yang telah menyaksikan film G30SPKI.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terlihat perbedaan yang cukup signifikan diantara media daring detik.com dan kompas.com dalam membingkai sebuah berita mengenai pemutaran film G30SPKI walaupun pada periode yang sama.

Kata Kunci: Berita, Media Daring, Nobar Film G30SPKI, Konstruksi Media Massa

Subjek

JOURNALISM
 

Katalog

Pembingkaian Pemberitaan “Nobar” Film G30SPKI di Media Daring (Analisis Framing Pan & Kosicki Pada Detik.com dan Kompas.com Periode 18 September – 8 Oktober 2017)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUTHFIAN KHOIRONI
Perorangan
Rana Akbari Fitriawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini