PENGARUH HUBUNGAN KREATIVITAS DAN PRODUKTIVITAS TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KERAMIK HIAS ANTIK KEBON JAYANTI KIARACONDONG BANDUNG

TIWANY MEIZAGAMY

Informasi Dasar

18.04.1614
658.022 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Kota Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki peluang besar untuk menciptakan usaha yang memiliki kreativitas dan produktivitas tinggi. Eksistensi Keramik Kebon Jayanti sempat tergerus. Guci hias China membuat produk keramik Kebon Jayanti sepi peminat. Dampak tersebut tidak hanya mengikis pemasukan pengrajin, tetapi membuat pengrajin keramik berguguran satu persatu. Kini, jumlah pengrajin keramik di Kebon Jayanti dapat dihitung jari. Selain persaingan pasar, ketersediaan bahan baku, mahalnya bahan bakar juga sempat menjadi kendala tambahan bagi para pengrajin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan Kreativitas dan Produktivitas Terhadap Pertumbuhan Usaha pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Hias Antik Kebon Jayanti Kiaracondong Bandung. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pengrajin dan pemilik UMKM keramik yang berada di Kebon Jayanti Kiaracondong Bandung. Populasi dalam penelitian ini terukur, karena pemilik UMKM keramik memiliki data yang jelas dan telah terdaftar. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 orang.

Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk Google Form kepada 30 responden yang berada di Kebon Jayanti Kiaracondong Bandung.Dari kuesioner yang disebar, diperoleh 21 pernyataan kuesioner yang valid. Pada penelitian ini data yang didapatkan diolah menggunakan bantuan applikasi IBM SPSS Version 23.

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kreativitas dan Produktivitas terhadap pertumbuhan usaha pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hias antik Kebon Jayanti Kiaracondong Bandung.

Kata Kunci : Kreativitas, Produktivitas, Pertumbuhan Usaha, Keramik, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Subjek

Entrepreuneurship-small business
 

Katalog

PENGARUH HUBUNGAN KREATIVITAS DAN PRODUKTIVITAS TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KERAMIK HIAS ANTIK KEBON JAYANTI KIARACONDONG BANDUNG
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TIWANY MEIZAGAMY
Perorangan
Eka Yuliana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini