ANALISIS MINAT ADOPSI TEKNOLOGI PADA APLIKASI SELF-SERVICE OPERATOR SELULER MENGGUNAKAN MODEL MODIFIED UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (Studi Kasus pada Pengguna Telkomsel, Indosat Ooredoo, Tri Hutchison dan XL Axiata di Kota Bandung)

MUHAMMAD BOEGI ANUGRAH

Informasi Dasar

18.04.1592
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Telkomsel, Indosat Ooredoo, Tri Hutchison, dan XL Axiata sebagai operator seluler yang meraih posisi empat teratas berdasarkan Top Brand Award 2017, telah menyediakan aplikasi self-service (MyTelkomsel, myIM3, BimaTRI, dan myXL) yang dapat membantu pengguna dalam melakukan cek/pembelian pulsa, pembelian paket layanan, informasi SIM card, dan cek poin.

Walaupun keempat aplikasi sudah menghadirkan fitur yang dapat membantu penggunaan kartu provider sebagai penunjang aktivitas dan komunikasi sehari-hari, tidak satupun dari keempat aplikasi ini termasuk kedalam sepuluh besar aplikasi yang paling banyak diakses oleh masyarakat di Indonesia pada tahun 2017. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui variabel - variabel apa saja yang memengaruhi minat dan perilaku pengguna aplikasi self-service operator seluler.

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengujian dan menganalisis variabel - variabel yang memengaruhi minat dan perilaku pengguna aplikasi self-service operator seluler di Kota Bandung. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model UTAUT 2 yang telah dimodifikasi oleh Indrawati dan Marhaeni pada tahun 2015. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, Price Value, Habit, Behavioral Intention, Use Behavior, sedangkan Age dan Gender sebagai variabel moderasinya.

Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online melalui social media Line dan Whatsapp selama kurang lebih dua bulan. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 400 orang yang berdomisili di Kota Bandung dan menggunakan paling sedikit satu aplikasi self-service operator seluler. Dalam pengujian hipotesis, teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Habit, Price Value, Hedonic Motivation, dan Performance Expectancy mampu memengaruhi Behavioral Intention sebesar 74.8%, sedangkan Habit dan Hedonic Motivation mampu memengaruhi Use Behavior sebesar 34.3%. Kemudian diketahui bahwa Age hanya memoderasi hubungan Hedonic Motivation terhadap Behavioral Intention dan Gender terbukti tidak memoderasi hubungan antara variabel indpendent terhadap variabel dependent.

Kata Kunci : Aplikasi self-service operator seluler, UTAUT 2, Minat Penggunaan, Perilaku Penggunaan

Subjek

COMPUTER APPLICATIONS
 

Katalog

ANALISIS MINAT ADOPSI TEKNOLOGI PADA APLIKASI SELF-SERVICE OPERATOR SELULER MENGGUNAKAN MODEL MODIFIED UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (Studi Kasus pada Pengguna Telkomsel, Indosat Ooredoo, Tri Hutchison dan XL Axiata di Kota Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD BOEGI ANUGRAH
Perorangan
Indira Rachmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini