ANALISIS MINAT PERILAKU PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PADA DOSEN UNIVERSITAS TELKOM DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

NASTITI PERTIWI

Informasi Dasar

18.04.1586
302.231
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Youtube merupakan situs web berbagi video yang memungkinkan orang untuk melihat, mengunggah dan membagikan berbagai macam video. Meski Youtube juga populer sebagai media hiburan, namun Youtube telah menjadi sumber belajar dan dianggap sebagai alternatif untuk menyampaikan materi pengajaran berdasarkan hasil wawancara dari sembilan dosen Universitas Telkom. Namun saat ini belum ada bukti empiris mengenai faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan sumber informasi seperti Youtube untuk tujuan pembelajaran. Penelitian ini melakukan pengukuran minat penggunaan Youtube sebagai sumber pembelajaran menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang diukur dengan empat variabel yaitu Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Attitude to Use, dan Behavioral Intention. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Perceived Ease of Use terhadap Perceived Usefulness, pengaruh Perceived Ease of Use terhadap Attitude to Use, pengaruh Perceived Usefulness terhadap Attitude to Use, dan pengaruh Attitude to Use terhadap Behavioral Intention. Serta untuk mengetahui apakah model yang digunakan fit untuk populasi yang diteliti. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan pada dosen Universitas Telkom orang menggunakan Youtube sebagai sumber pembelajaran sebanyak 155 responden. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan tipe quota sampling dan menggunakan model persamaan struktural (SEM) serta menggunakan skala likert dengan 21 butir pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Perceived Ease of Use terbukti berpengaruh terhadap Perceived Usefulness, variabel Perceived Ease of Use tidak terbukti berpengaruh terhadap Attitude to Use, variabel Perceived Usefulness terbukti berpengaruh terhadap Attitude to Use, dan variabel Attitude to Use terbukti berpengaruh terhadap Behavioral Intention. Kemudian, untuk model yang digunakan pada penelitian ini fit dengan data. Penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk Youtube dalam rangka pencapaian peningkatan minat penggunaan Youtube sebagai sumber pembelajaran. Penelitian ini juga diharapkan menjadi bukti empiris mengenai faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan sumber informasi seperti Youtube untuk tujuan pembelajaran di Indonesia.

Kata kunci: youtube, tecnology acceptance model, structural equation modeling.

Subjek

DIGITAL MEDIA-SOCIAL ASPECTS
 

Katalog

ANALISIS MINAT PERILAKU PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PADA DOSEN UNIVERSITAS TELKOM DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NASTITI PERTIWI
Perorangan
OSA OMAR SHARIF
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini