PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016)

DENA HESA PUTERI UTAMI

Informasi Dasar

18.04.1548
658.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan melalui kemakmuran pemilik atau pemegang saham yang meningkat. Nilai perusahaan yang tinggi menggambarkan tingginya kemakmuran pemilik atau pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance yang diproksikan oleh Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, dan Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu laporan tahunan (annual report) yang diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan website resmi masing-masing perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sub sektor asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Berdasarkan ketentuan pemilihan sampel terdapat 8 perusahaan yang diteliti selama 4 tahun dengan 32 sampel. Metode analisis data yang dalam penelitian ini adalah regresi data panel dan Moderate Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan software Eviews 9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa good corporate governance sebelum dan sesudah dimoderasi oleh kinerja keuangan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Artinya, dengan adanya peningkatan mekanisme good corporate governance dan kinerja keuangan akan muncul kepercayaan investor sehingga dpaat meningkatkan nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial, kepemilikan institusional sebelum dan sesudah dimoderasi oleh kinerja keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, komisaris independen sebelum dan sesudah dimoderasi oleh kinerja keuangan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, serta komite audit sebelum dan sesudah dimoderasi oleh kinerja keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: Good Corporate Governance, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Komite Audit, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan

Subjek

GOOD CORPORATE GOVERNANCE
 

Katalog

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DENA HESA PUTERI UTAMI
Perorangan
Muhamad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini