IDENTIFIKASI TEKSTUR DAN WARNA MINERAL UNTUK KLASIFIKASI BATUAN BEKU DENGAN METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

ABU AMAR TANTOWI

Informasi Dasar

18.04.1529
621.382 7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Petrologi adalah bidang ilmu geologi yang terfokus pada studi mengenai batuan dan kondisi pembentukannya. Petrografi adalah cabang dari petrologi yang menjelaskan deskripsi rinci dari batuan berdasarkan kandungan mineral dan tekstur. Batuan merupakan sekumpulan mineral yang telah membeku, mineral tesebut umumnya disebut sebagai rock-forming minerals. Dengan mengidentifikasi masing-masing mineral yang terdapat pada batuan dengan bantuan mikroskop kita dapat mengklasifikasikan jenis dari batuan tersebut. Karakteristik dari tiap-tiap jenis batuan tersebut dapat dibedakan dari persentase mineral-mineral yang membentuk batuan tersebut. Dalam proses mengklasifikasikan tersebut, ahli geologi khususnya petrogafer meneliti dari mikroskop petrografi. Dengan mikroskop tersebut dapat dianalisis secara rinci dari mineral dengan mineralogi optic dan sayatan tipis dari batuan. Namun petrografer masih menggunakan cara konvensional untuk menelitinya yaitu dengan indera penglihatan melalui mikroskop yang hasilnya subjektif dari segi ketelitian maupun efisiensi waktu. Dalam Tugas Akhir ini, penulis merancang sebuah perangkat lunak berbasis MATLAB yang diharapkan perangkat lunak tersebut dapat mengklasifikasikan jenis-jenis dari batuan. Sistem ini diberi input berupa citra digital dari batuan tersebut secara mikroskopis yang diambil dari mikroskop petrografi. Kemudian citra tersebut diolah oleh sistem. Proses pertama yaitu dilakukan ekstraksi ciri melalui salah satu metode yaitu Discrete Wavelet Transform (DWT). Selanjutnya dilakukan proses klasifikasi citra melalui metode Support Vector Machine (SVM). Dari hasil pengujian yang dilakukan didapat akurasi terbaik 83% dengan metode ekstraksi ciri DWT dan klasifikasi SVM. Kata Kunci : Petrologi, Petrografi, DWT, SVM.

Subjek

Image processing - computer vision
 

Katalog

IDENTIFIKASI TEKSTUR DAN WARNA MINERAL UNTUK KLASIFIKASI BATUAN BEKU DENGAN METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABU AMAR TANTOWI
Perorangan
Bambang Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini