APLIKASI PASAR VIRTUAL INDONESIA UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (MODUL PEMBELIAN DAN SISTEM MANAJEMEN KONTEN)

KHULAFAUR RASYIDIN

Informasi Dasar

18.06.191
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu sektor yang memberikan dampak besar dan signifikan bagi pertumbuhan beberapa negara, terutama negara kecil dan berkembang seperti Indonesia. Dimana masyarakatnya diberi kesempatan untuk menjadi pemilik usaha, yang tidak harus bersaing dengan beribu manusia untuk mendapatkan lapangan pekerjaan yang sangat terbatas. Dan tentu saja ini bisa menjadi solusi bisnis untuk rakyat. Namun didalam pelaksanaannya dibutuhkan sebuah teknologi sistem informasi untuk meningkatkan penjualan dan memperbesar jangkauan pasar. Oleh karena itu dibangun sebuah aplikasi Pasar Virtual Indonesia untuk pengembangan UKM terkhusus dengan memanfaatkan konsep Content Management System (CMS). Aplikasi ini juga memudahkan konsumen didalam melakukan pemesan,melihat rekapitulasi pembelian, lacak kiriman, serta memberikan testimoni. Didalam membangun aplikasi ini digunakan metode Rapid Application Developmet (RAD). Aplikasi berbasis web dan diimplementasikan dengan framework Codeigniter, bahasa pemograman PHP, serta MySQL sebagai media penyimpanan data. Setelah dilakukan pengujian aplikasi dengan metode Back Box testing dan User Acceptance Test (UAT) pada setiap unit sistem, dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat menjadi alternatif solusi dalam melakukan transaksi jual beli pada UKM karena telah memudahkan konsumen dalam proses transaksi, memudahkan konsumen dalam melakukan proses pembayaran, memudahkan konsumen dalam melacak kiriman dan menghitung ongkos kirim tanpa adanya batasan waku, serta memudahkan distributor dalam memilih desain tokonya masing-masing. Kata Kunci: Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Content Management System (CMS)

Subjek

APPLICATION PROGRAMM
 

Katalog

APLIKASI PASAR VIRTUAL INDONESIA UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (MODUL PEMBELIAN DAN SISTEM MANAJEMEN KONTEN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHULAFAUR RASYIDIN
Perorangan
FERRA ARIK TRIDALESTARI, HANUNG NINDITO PRASETYO
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Informatika
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini