APLIKASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING ( STUDI KASUS DI KOPERASI HABIBURRAHMAN, BANDUNG)

ENA HADIANI

Informasi Dasar

18.06.180
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Koperasi Habiburrahman merupakan koperasi yang berada di bawah Yayasan
Habiburrahman. Salah satu kegiatan koperasi ini adalah memproduksi produk yang berbahan dasar daun serai wangi. Dalam proses perhitungan harga pokok produksi, Koperasi Habiburrahman masih melakukan perhitungan secara manual dan belum sesuai standar akuntansi dimana biaya overhead pabrik tidak dimasukan sebagai komponen dalam perhitungan harga pokok produksi. Perhitungan yang lama dan belum sesuai standar menyebabkan harga pokok produksi menjadi kurang akurat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibangun sebuah aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter dan database MySQL. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall dan dirancang dengan metode berorientasi objek. Aplikasi ini mampu menangani pencatatan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, mengklasifikasikan aktivitas biaya overhead berdasarkan metode Activity Based Costing, menentukan estimasi biaya overhead pabrik dengan metode Activity Based Costing, menghasilkan perhitungan harga pokok produksi dengan metode Activity Based Costing, mengelola pencatatan jurnal dan buku besar, serta menghasilkan laporan harga pokok produksi. Aplikasi tersebut telah berhasil diujikan dengan metode Black box Testing, User Acceptance Test dan telah sesuai dengan pengujian manual.

Kata Kunci: Aplikasi Berbasis Web, Activity Based Costing, Harga Pokok Produksi, Codeigniter, Berorientasi Objek.

Subjek

COMPUTER APPLICATIONS
 

Katalog

APLIKASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING ( STUDI KASUS DI KOPERASI HABIBURRAHMAN, BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ENA HADIANI
Perorangan
KASTAMAN, JUNAEDI ABDILLAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Komputerisasi Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini