Aplikasi Pengelolaan Pembelian Bahan Baku dan Produksi Konveksi Pakaian Berbasis Web (Studi Kasus di Orange Button Kids, Bandung)

HERVITA TRISWIDYARIA

Informasi Dasar

18.06.173
006.76
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Orange Button Kids merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi baju anak. Dalam menjalankan proses bisnis, masalah yang dihadapi perusahaan ini adalah kalkulasi perhitungan jumlah bahan baku yang dipakai dalam pembuatan baju anak yang kurang sesuai dengan kondisi perusahaan. Dari permasalahan tersebut, perlu adanya perencanaan dan pengelolaan pembelian bahan baku agar sesuai dengan kebutuhan produksi. Proses produksi yang dilakukan berdasarkan pesanan dan produksi secara massa atau make to stock. Produksi merupakan suatu kegiatan yang dapat mengolah bahan baku menjadi barang jadi. Dalam produksi akan menghasilkan harga pokok produksi. Harga pokok produksi merupakan hasil perhitungan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Perusahaan kadang menentukan harga jual sesuai dengan kesepakatan dari pelanggan atau berdasarkan perkiraan tanpa memperhitungkan biaya-biaya yang akan muncul seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik dalam proses produksi. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah diatas dibuatlah sebuah sistem yang dapat melakukan perhitungan biaya-biaya tersebut secara terkomputerisasi dan dapat menghasilkan catatan akuntansi berupa jurnal, buku besar, dan neraca saldo serta menghasilkan laporan harga pokok produksi. Aplikasi ini juga dapat membantu mempermudah perusahaan dalam mengelola pembelian bahan baku secara tunai untuk kebutuhan produksi. Perancangan yang dipakai dalam pembuatan sistem ini yaitu dengan menggunakan metode Prototyping dan Unified Modelling Language berupa diagram use case, diagram aktivitas, diagram kelas dan diagram sequence. Aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemograman PHP serta menggunakan framework codeigniter. Sistem ini dapat menggantikan proses-proses yang masih dikerjakan secara manual seperti pencatatan pembelian bahan baku dan perhitungan biaya produksi, sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh user. Kata Kunci: Pembelian, Produksi, Harga Pokok Produksi, Aplikasi Berbasis Web

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

Aplikasi Pengelolaan Pembelian Bahan Baku dan Produksi Konveksi Pakaian Berbasis Web (Studi Kasus di Orange Button Kids, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERVITA TRISWIDYARIA
Perorangan
ROCHMAWATI, MONTERICO ADRIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Komputerisasi Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini