EVALUASI KINERJA INSULASI SUARA PADA DINDING RUANG STUDIO MUSIK DENGAN PENGUKURAN INSITU (STUDIO UKM BAND UNIVERSITAS TELKOM)

RIZQI NARIDHA

Informasi Dasar

18.04.1428
691
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Studio musik merupakan ruangan yang digunakan khusus untuk memainkan alat musik. Kemampuan dinding ruangan dalam melakukan insulasi suara pada ruang studio musik menjadi pertimbangan utama dan umumnya harus dipahami dengan baik. Kemampuan insulasi suara pada dinding dapat diketahui dengan menentukan nilai Weighted Standardized Level Difference dengan penambahan faktor koreksi untuk suara pada frekuensi rendah (DnTw+Ctr). Nilai DnTw+Ctr yang direkomendasikan untuk ruang studio musik adalah lebih besar atau sama dengan 50 dB. Ruang studio musik yang digunakan sebagai studi penelitian adalah Studio UKM Band Universitas Telkom. Ruangan ini memiliki empat sisi dinding partisi dengan volume ruangan sebesar 49 m3. Dari hasil pengukuran didapatkan bahwa nilai DnTw+Ctr untuk setiap dinding masih lebih kecil dari 50 dB. Hal ini menunjukan kemampuan insulasi suara pada ke empat dinding ruangan tersebut belum memenuhi standar sehingga dilakukan simulasi perancangan pada setiap dinding. Dari hasil simulasi perancangan didapatkan hasil terbaik untuk masing-masing dinding dengan nilai DnTw+Ctr yang lebih besar dari 50 dB. Hasil tersebut dapat menjadikan ke empat dinding partisi pada ruang studio musik UKM Band Universitas Telkom memiliki kemampuan insulasi suara yang memenuhi standar.

Kata Kunci: Insulasi Suara, Studio Musik, Weighted Standardized Level Difference (DnTw)

Subjek

BUILDINGS-ENVIRONMENTAL ENGINEERING
 

Katalog

EVALUASI KINERJA INSULASI SUARA PADA DINDING RUANG STUDIO MUSIK DENGAN PENGUKURAN INSITU (STUDIO UKM BAND UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZQI NARIDHA
Perorangan
SUPRAYOGI, M. SALADIN PRAWIRASASRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Fisika
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • TFH2J3 - GELOMBANG DAN AKUSTIKA
  • TFH3R3 - PENGOLAHAN SINYAL
  • TFI2H3 - GELOMBANG DAN AKUSTIKA
  • TFI3C3 - PENGOLAHAN SINYAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini