Aplikasi Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Harga Pokok Pesanan Mempertimbangkan Perilaku Biaya (Studi Kasus di Sharah Shoes, Cibaduyut)

SITI NURUL CHAMIDAH

Informasi Dasar

18.06.132
657.028 5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang melakukan proses produksi terlebih dahulu terhadap barang dan kemudian dijual. Proses produksi akan mengeluarkan biaya-biaya yang disebut biaya produksi. Beberapa perusahaan melakukan perhitungan biaya produksi tanpa menggunakan metode pembiayaan. Perhitungan biaya produksi tanpa menggunakan metode dapat menghasilkan harga pokok produk yang tidak sesuai dengan pengeluaran sesungguhnya yang dapat mengakibatkan kurangnya laba perusahaan yang didapat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuatlah aplikasi untuk menghitung harga pokok produksi. Aplikasi yang dibangun berbasis web menggunakan Framework CodeIgniter dengan pemodelan SDLC Waterfall dan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Aplikasi ini melakukan perhitungan harga pokok produksi dengan metode harga pokok pesanan mempertimbangkan perilaku biaya. Perilaku biaya dapat membantu mengidentifikasi biaya yang merupakan biaya tetap dan biaya variable yang digunakan saat perhitungan biaya produksi. Pengujian dilakukan menggunakan black box testing dan hasilnya sesuai pengujian manual. Pengujian juga menggunakan pengujian penerimaan pengguna dan berhasil 100%. Metode yang digunakan pada aplikasi tersebut akan menghasilkan perhitungan yang sesunggunya berdasarkan pengeluaran yang digunakan saat produksi. Selain itu juga mempermudah dalam penentuan harga pesanan karena perhitungan pada aplikasi dilakukan menggunakan metode harga pokok pesanan. Kata kunci : Harga Pokok Pesanan, Aplikasi, Framework CI, PHP, Perilaku Biaya

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Harga Pokok Pesanan Mempertimbangkan Perilaku Biaya (Studi Kasus di Sharah Shoes, Cibaduyut)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI NURUL CHAMIDAH
Perorangan
ASTI WIDAYANTI, MARWANTO RAHMATULOH
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Komputerisasi Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini