ANALISIS POSITIONING MARKETPLACE BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN GENERASI MILENIAL (STUDI PADA TOKOPEDIA, SHOPEE, OLX, BUKALAPAK)

KUKUH ABDUR

Informasi Dasar

18.04.1416
658.872
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Positioning penting bagi perusahaan untuk mengetahui bagaimana produsen bertindak untuk menempatkan merek dari produk mereka terhadap pikiran konsumen dibandingkan dengan merek produk pesaing, sehingga apabila sudah berada di pikiran konsumen maka positioning yang dilakukan sudah efektif dan tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengetahui positioning perusahaan melalui perceptual mapping dari masing-masing perusahaan e-commerce berdasarkan persepsi pengguna di Indonesia. Sehingga perusahaan dapat memperbaiki kinerja mereka agar dapat terus bertahan dan bersaing. Berdasarkan teknik pengumpulan data dan analisis data, penelitian ini menggunakan deskriptif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ease of use, information quality, consumer service, application design, process controllability, outcome quality, yang dinilai berdasarkan persepsi konsumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik sampel convenience sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 385 responden yang kemudian diolah dengan skala ordinal, teknik analisis multidimensional scaling, dan perceptual maping. Berdasarkan hasil analisis menurut responden bahwa peta positioning aplikasi e-commerce berdasarkan persepsi pengguna di ungguli oleh aplikasi tokopedia dengan peringkat pertama pada atribut ease of use, information quality, consumer service, dan process controllability. Peta positioning aplikasi e-commerce berdasarkan persepsi pengguna untuk aplikasi shopee berada di urutan kedua dengan mendapatkan peringkat pertama pada dua atribut website design (application design), dan outcome quality. Peta positioning aplikasi e-commerce berdasarkan persepsi pengguna untuk aplikasi olx dan bukalapak rata-rata mendapatkan peringkat ketiga atau ke empat pada di setiap semua atribut.

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

ANALISIS POSITIONING MARKETPLACE BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN GENERASI MILENIAL (STUDI PADA TOKOPEDIA, SHOPEE, OLX, BUKALAPAK)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KUKUH ABDUR
Perorangan
 
MAYA ARIYANTI

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini