ANALISIS PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus Pada Indeks Saham Subsektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 - 2016)

RHEZA CHANDRA PUTRA

Informasi Dasar

18.04.1378
332.632 22
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilakukan untuk Mengetahui apakah terdapat pengaruh secara simultan dan parsial pada variabel DER, ROE, dan EPS terhadap harga saham. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI pada periode 2012-2016. Harga saham yang digunakan adalah closing price karena, closing price dianggap lebih menggambarkan kinerja sesungguhnya dari sebuah perusahaan. Melalui penelitian ini diharapkan mampu menjadi informasi kepada pembaca ataupun investor untuk mengetahui indikator keuangan apa sajakah yang dapat digunakan untuk menentukan kinerja dari suatu perusahaan yang dimana baik atau tidaknya kinerja dari sebuah perusahaan, hal tersebut akan mempengaruhi pergerakan saham. Berbagai macam penelitian yang membahas tentang harga saham telah dilakukan oleh banyak peneliti yang dimana, dari penelitian tersebut diperoleh hasil yang berbeda. Sehingga hal tersebut menghasilkan sebuah kerangka pemikiran yang menjelaskan bahwa tinggi atau rendah tingkat DER, ROE, dan EPS akan mempengaruhi pergerakan harga saham. Hipotesis dari penelitian ini menjelaskan bahwa variabel DER, ROE, dan EPS berpengaruh secara simultan, parsial, dan positif terhadap harga saham. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dimana metode tersebut menggunakan angka atau data sekunder. Kemudian berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kemudian untuk pengujian hipotesis, analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan EViews 9 sebagai alat bantu uji statistik dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji simultan (Uji F) didapat variabel DER, ROE, dan EPS berpengaruh secara simultan atau bersama - sama terhadap harga saham dikarenakan uji tersebut memperoleh koefisien F Hitung berada dibawah 5%. Kemudian hasil uji Parsial (uji t) menjelaskan bahwa variabel DER dan ROE tidak berpengaruh. Sebaliknya, variabel EPS berpengaruh secara parsial, signifikan, dan positif terhadap harga saham Saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat menambah variabel dependen seperti ROA, NPM, PER, dan sebagainya. Kemudian saran untuk investor agar memilih saham dengan tingkat EPS yang tinggi karena hal tersebut mampu memberikan keuntungan yang maksimal, sementara saran untuk perusahaan agar lebih memperhatikan tingkat EPS meningkat maka hal tersebut akan menarik minat investor

Subjek

STOCK
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus Pada Indeks Saham Subsektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 - 2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RHEZA CHANDRA PUTRA
Perorangan
VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini