KLASIFIKASI JENIS KULIT WAJAH PRIA BERDASARKAN TEKSTUR MENGGUNAKAN METODE GRAY LEVEL CO-OCCURRANCE MATRIX (GLCM) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

TEUKU FIRAZ BINTANG NUSANTARA

Informasi Dasar

18.04.1297
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Wajah merupakan salah satu aspek terpenting pada penampilan seseorang. Pada dasarnya, selain sebagai tanda pengenal alami, wajah merupakan angggota tubuh yang menjadi daya tarik bagi lawan jenis. Namun wajah juga seringkali mengalami kesalahan dalam perawatannya, dikarenakan setiap jenis kulit wajah yang berbeda haruslah dilakukan perawatan yang berbeda pula..

Pada tugas akhir ini, dibangun suatu program yang dapat mengklasifikasikan jenis kulit wajah. Sebelum proses klasifikasi, citra terlebih dahulu diakusisi, kemudian dilanjutkan dengan proses preprocessing dan ekstrasi ciri. Pada proses ektraksi ciri, digunakan metode Gray Level Co-occurrence Matrix (GLCM) dan pada proses klasifikasi, digunakan metode Support Vector Machine (SVM) dengan multiclass One-Againts-All (OAA).

Pada pengujian ini, digunakan 100 sample citra, dimana setiap 5 titik daerah wajah yaitu dahi, hidung, dagu, pipi kanan dan pipi kiri terdiri dari 20 citra yang diklasifikasi menjadi 2 kelas, yaitu kering dan berminyak. Pengujian dilakukan pada 9 pria, dengan komposisi masing-masing kelas memiliki 3 pria dengan kulit wajah kering, 3 pria dengan kulit wajah berminyak, dan 3 orang pria dengan kulit wajah kombinasi. Parameter yang digunakan pada ekstrasi ciri GLCM dan klasifikasi SVM yaitu parameter orde dua (energi dan homogenitas), arah keabuan 45o, d = 1 piksel, kernel polynomial dan Kernel Option = 9, sehingga didapatkan akurasi terbaik sebesar 88.89% dan waktu komputasi 4 detik

Kata kunci: GLCM, SVM, kulit wajah, klasifikasi, ekstrasi ciri.

Subjek

DIGITAL IMAGE PROCESSING
 

Katalog

KLASIFIKASI JENIS KULIT WAJAH PRIA BERDASARKAN TEKSTUR MENGGUNAKAN METODE GRAY LEVEL CO-OCCURRANCE MATRIX (GLCM) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TEUKU FIRAZ BINTANG NUSANTARA
Perorangan
RATRI DWI ATMAJA, AZIZAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini