PENGARUH AUDIT TENURE, FEE AUDIT, UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN SPESIALISASI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun Periode 2012-2016)

NIDA RINANDA

Informasi Dasar

18.04.1247
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Kualitas audit adalah suatu tingkat keyakinan yang dapat diberikan atau ukuran baik atau buruknya mutu dari suatu proses pemeriksaan yang sistematis yang diukur menggunakan perusahaan yang merupakan klien KAP big-four dan klien non big-four. Melalui penelitian ini akan dilakukan pengukuran audit tenure, fee audit, ukuran kantor akuntan publik dan spesialisasi auditor terhadap kualitas audit pada perusahaan manufaktur subsektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun Periode 2012-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor aneka industri pada BEI. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 25 perusahaan dengan periode penelitian pada tahun 2012-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan audit tenure, fee audit, ukuran kantor akuntan publik dan spesialisasi auditor berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Sedangkan secara parsial audit tenure dan fee audit tidak berpengaruh positif terhadap kualitas audit, ukuran kantor akuntan publik dan spesialisasi auditor berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk mengganti objek penelitian selain perusahaan manufaktur seperti perusahaan perbankan, perusahaan properti, perusahaan pertambangan. Untuk mengukur pengaruh panjang atau pendeknya audit tenure terhadap kualitas audit, sebaiknya menggunakan periode penelitian lebih dari 6 tahun.

Kata Kunci : audit tenure, fee audit, ukuran kantor akuntan publik, spesialisasi auditor, kualitas audit

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH AUDIT TENURE, FEE AUDIT, UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN SPESIALISASI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun Periode 2012-2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NIDA RINANDA
Perorangan
Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom, Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3E3 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • SA515013 - AUDITING 1
  • SA615023 - AUDITING 2
  • EAI3123 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini