Pengukuran Value at Risk Investasi Saham Untuk Pengambilan Keputusan Investasi (Studi Kasus pada Bank BCA, BNI, dan Mandiri)

Linggom Perdana Christian

Informasi Dasar

S.851
658.155
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Untuk mengatasi risiko investasi maka investor dapat melakukan pengukuran nilai risiko. Dengan mengukur nilai risiko, investor dapat mengetahui kerugian maksimal yang dihadapi dan meminimalisir risiko kerugian yang akan dihadapi. Pada penelitian kali ini pengukuran nilai risiko dilakukan dengan menggunakan metode Value at Risk dengan menggunakan pendekatan Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (ARCH) dan Generalized Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (GARCH). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai risiko yang dihadapi investor dalam investasi saham khususnya saham BBCA, BBNI, dan BMRI sehingga investor dapat mengambil keputusan investasi. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari Value at Risk Single Instrument lalu dilanjutkan dengan mencari Value at Risk Portfolio dengan menggunakan pendekatan ARCH/GARCH. Hasil dari penelitian ini, pada periode 31 Januari 2009 sampai dengan 30 Maret 2010, saham BBCA memiliki volatilitas yang paling tinggi yang mengakibatkan tingginya risiko investasi, sedangkan saham BBNI memiliki volatilitas yang paling rendah dengan tingkat risiko yang juga rendah. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa investasi saham secara portofolio menghasilkan risiko yang lebih rendah dibanding investasi saham secara individual.

Kata Kunci : VAR Single Instrument, VAR Portfolio, ARCH, GARCH.

Subjek

RISK MANAGEMENT
RISK MANAGEMENT, SHARES-INVESTMENT

Katalog

Pengukuran Value at Risk Investasi Saham Untuk Pengambilan Keputusan Investasi (Studi Kasus pada Bank BCA, BNI, dan Mandiri)
 
ix, 119p.: il.; 21cm+ lampiran.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Linggom Perdana Christian
Perorangan
Prodi MBTI
 

Penerbit

IM Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini