Metode Penelitian Psikologi: Langkah Cerdas Menyelesaikan Skripsi

Agus Abdul Rahman

Informasi Dasar

18.01.420
150.724
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
5

Skripsi sering kali dipersepsi mahasiswa sebagai mata kuliah yang sulit dan tidak menyenangkan. Persepsi tersebut memang subjektif, yang kebenarannya relatif. Namun, melalui proses self fulfilling prophecy, persepsi tersebut kemudian berpengaruh besar terhadap sikap dan perilaku negatif mahasiswa dalam menulis skripsi. Akhirnya, kesulitan yang awalnya berupa persepsi yang bersifat subjektif berubah menjadi kesulitan yang bersifat objektif. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk memiliki persepsi dan sikap positif terhadap skripsi agar muncul perilaku-perilaku positif dalam menulis skripsi.

Persepsi memang tidak semata-mata interpretasi subjektif yang boleh jadi benar dan juga salah. Persepsi kadang juga merefleksikan realitas objektif yang sebenarnya terjadi. Skripsi memang tidak mudah dan ada potensi kesulitan-kesulitan yang mungkin dihadapi mahasiswa. Maka, persepsi dan sikap positif saja tidak cukup untuk sukses menulis skripsi. Diperlukan juga, pemahaman teknis mengenai bagaimana melewati setiap tahapan dalam menulis skripsi.

Pada buku ini akan dijelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan mahasiswa dalam menulis skripsi. Pertama-tama, mahasiswa diajak untuk belajar membangun persepsi dan sikap positif terhadap skripsi. Langkah berikutnya, mahasiswa diajak untuk belajar memahami karakteristik skripsi, memilih topik penelitian yang tepat, melakukan review literatur, merumuskan masalah, memilih desain penelitian, menulis skripsi dengan gaya APA, menyajikan hasil penelitian, mengelola proses bimbingan, dan memahami etika penelitian.

Subjek

PSYCHOLOGY
 

Katalog

Metode Penelitian Psikologi: Langkah Cerdas Menyelesaikan Skripsi
9789796927043
xii, 196p.: il.; 24 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Agus Abdul Rahman
Perorangan
 
 

Penerbit

Rosda
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini