MEDIA DAN KEKERASAN (Analisis Norman Fairclough Terhadap Pemberitaan Tarung Gladiator di Kalangan Pelajar pada Line Today)

AKHIRUL ANNAS

Informasi Dasar

18.04.1171
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Line Today merupakan fitur agregator berita yang terdapat dalam aplikasi Line Messenger. Salah satu berita yang dijadikan Line Today sebagai highlights pada bulan September 2017 lalu adalah kasus tarung gladiator di kalangan pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana wacana kekerasan dikemas dalam pemberitaan tarung gladiator pada Line Today dengan menggunakan analisis wacana kritis Norman Fairclough untuk menganalisis teks, praktik produksi teks, dan praktik sosial budaya. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif yang memusatkan perhatian pada prinsip-prinsip umum yang mendasari perwujudan sebuah makna dari gejala-gejala sosial di dalam masyarakat dengan menggunakan paradigma kritis. Paradigma ini memandang bahwa bahasa tidak hanya sebagai alat untuk memahami realitas objektif belaka, tetapi perlu melihat maksud-maksud dari wacana tertentu. Paradigma kritis jauh lebih meneliti aspek sosial, sejarah, dan budaya dari wacana tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Line Today memilih enam berita dari media Kumparan.com, Liputan6.com, dan Okezone.com untuk merekonstruksi kekerasan dalam kasus tarung gladiator di kalangan pelajar. Bahasa yang digunakan dalam teks berita dikemas secara ringan, singkat, dan mudah dipahami oleh generasi milenial.

Kata Kunci: Line Today, Tarung Gladiator, Norman Fairclough

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

MEDIA DAN KEKERASAN (Analisis Norman Fairclough Terhadap Pemberitaan Tarung Gladiator di Kalangan Pelajar pada Line Today)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AKHIRUL ANNAS
Perorangan
Rana Akbari Fitriawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini