Bisnis Busana Ready To Wear Untuk Wanita Muslim Menggunakan Bisnis Model Kanvas Studi Pada Moris.ka

SARAH ALIVIA MORISKA

Informasi Dasar

18.04.1166
658.401
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berkembangnya aneka ragam busana di Indonesia terutama busana wanita, membuat pelaku industri terus menciptakan inovasi dan kreativitas untuk melakukan transformasi dari gaya konservatif menjadi lebih modern sebagai bentuk tuntutan dari berkembangnya fashion mode di Indonesia. Salah satunya adalah perkembangan fashion muslim di Indonesia yang terus berkembang dengan munculnya beberapa komunitas fashion muslim. Melihat semakin berkembangnya wanita yang menutup aurat dengan menggunakan busana tertutup dan mengenakan hijab, peneliti berinisiatif merancang dan mengembangkan fashion wanita khususnya untuk wanita muslim yang sesuai dengan syariat agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menyiapkan ide Bisnis Busana Ready to Wear untuk Wanita Muslim dengan Menggunakan Bisnis Model Kanvas Studi Pada Moris.ka. Setelah mengidentifikasi Business Model Canvas, maka akan dilakukan analisis pada setiap elemen yang terdiri dari customer segments, value propositions, channels, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key partnership, dan cost structure.

Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi yang datanya diperoleh dari situasi sosial yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu perusahaan busana ready to wear Mesz. Data tersebut lalu akan diolah oleh peneliti sebagai bahan untuk menggambarkan new Business Model Canvas Moris.ka.

Hasil dari analisa Bisnis Model Kanvas yaitu key partnership meliputi mitra supplier yang membantu dari proses produksi dengan tujuan mendapatkan sumber daya untuk optimasi operasi perusahaan. Kemudian pada key activities yaitu kegiatan produksi hingga penjualan, value propositions dengan menawarkan kualitas desain inovasi dengan pattern yang melengkung dan sentuhan warna yang mencirikan keadaan bumi yang mengutamakan kenyamanan saat pelanggan memakai produk Moris.ka. Customer relationship yang dibangun beberapa aspek seperti get new customer dan mempertahankan pelanggan. Customer segment menjangkau wanita remaja hingga wanita dewasa berusia 18 hingga 28 tahun pada segmen kalangan middle up high, key resource berupa sumber daya manusia, fisik dan modal. Selanjutnya Moris.ka membangun channel secara online dan offline. Cost stucture mulai dari biaya tetap hingga biaya variabel yang dikeluarkan setiap harinya. Untuk revenue streams dari Moris.ka berfokus pada penjualan produk busana ready to wear Moris.ka.

Kunci: Bisnis Model Kanvas, Bisnis Fashion Muslim, Moris.ka

Subjek

BUSINESS PLANNING
 

Katalog

Bisnis Busana Ready To Wear Untuk Wanita Muslim Menggunakan Bisnis Model Kanvas Studi Pada Moris.ka
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SARAH ALIVIA MORISKA
Perorangan
Aditya Wardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini