ANALISIS HAMBATAN USAHA PADA UMKM BERBASIS KOMUNITAS (Studi Kasus UMKM Pada Sentra Industri Kaos Suci Di Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung)

FARHAN FAHMI ILMA ASSIDDIQY

Informasi Dasar

18.04.1086
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor usaha yang memiliki peranan penting pada pertumbuhan perekonomian Indonesia. Pada tahun 2015 jumlah UMKM yang ada di kota Bandung berjumlah kurang lebih 5.141 unit. Sentra industri kaos Suci merupakan salah satu sentra industri unggulan yang ada di kota Bandung. Pada sentra industri kaos Suci terdapat kurang 409 unit usaha, dengan jumlah tenaga kerja yang terserap sebesar 2.721 orang. Selanjutnya, berdasarkan data pada tahun 2015 sentra industri kaos Suci mengalami penurunan pendapatan sebesar 20%, yaitu sebesar 50 milyar rupiah jika dibandingkan dengan pendapatan pada tahun 2014 yaitu sebesar 60 milyar rupiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan usaha utama yang dialami oleh para pelaku UMKM di sentra industri kaos Suci. Untuk selanjutnya, ditentukan variable independent pada penelitian ini modal, teknologi, pemasaran dan sumber daya manusia serta variabel dependent adalah hambatan usaha. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausal dengan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 80 responden dengan teknik cluster random sampling. Responden adalah para pelaku UMKM di sentra industri kaos Suci Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Untuk menilai validitas dilihat berdasarkan nilai r hitung harus positif dan r hitung ? r tabel maka item dinyatakan valid. Sementara untuk menilai reliabilitas menggunakan nilai Cronbach’s Alpha > 0,60. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang paling berpengaruh adalah pemasaran dengan koefisien regresi sebesar 0.344. Variabel yang paling tidak berpengaruh adalah variabel sumber daya manusia dengan koefisien regresi sebesar 0.024. Sehingga, dapat disimpulkan juga bahwa hambatan utama adalah variabel sumber daya manusia. Selain itu diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan adalah 0,736. Hal ini menunjukkan bahwa variabel modal, teknologi, pemasaran dan sumber daya manusia memberikan kontribusi pengaruh sebesar 73.6% terhadap hambatan usaha pada UMKM di sentra industri kaos Suci Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung, sedangkan sisanya sebesar 26.4% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Kata Kunci: Kewirausahaan, Hambatan Usaha, Modal, Teknologi, Pemasaran, Sumber Daya Manusia

Subjek

ENTREPRENEURIAL MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS HAMBATAN USAHA PADA UMKM BERBASIS KOMUNITAS (Studi Kasus UMKM Pada Sentra Industri Kaos Suci Di Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARHAN FAHMI ILMA ASSIDDIQY
Perorangan
Eka Yuliana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini