PENGARUH HAMBATAN WIRAUSAHA TERHADAP MINAT PEMUDA DI INDONESIA UNTUK BERWIRAUSAHA (PADA KOMUNITAS WIRAUSAHA DI MEDIA ONLINE FACEBOOK)

RIENDY ANDHIKA PRADANA

Informasi Dasar

18.04.1019
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Jumlah wirausaha di Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan dengan negara – negara lain di kawasan Asean dan Asia. Data Kementerian Koperasi dan UMKM mencatat, pada periode tahun 2014 jumlah wirausaha Indonesia sebanyak 1,65% dari total jumlah penduduk, dan meningkat menjadi 3.1% pada tahun 2016 berdasarkan data BPS. Rendahnya tingkat wirausaha di Indonesia tersebut juga diikuti dengan tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guna mengatasi masalah penggangguran ialah dengan menggalakkan wirausaha pemuda untuk menekan tingkat pengangguran yang terjadi saat ini. Namun terdapat beberapa hambatan yang sering dihadapi, khususnya bagi pemuda seperti enggan untuk mengambil risiko (aversion to risk), takut gagal (fear of failure), keengganan untuk stres dan kerja keras (aversion to stress and hard work), kurang memiliki jejaring sosial (lack of social networking), kurangnya sumber daya (lack of resources), dan demografi (Demographic). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Pemuda terhadap entrepreneurship barriers dan minat berwirausaha serta mengetahui pengaruh antara entrepreneurship barriers terhadap minat berwirausaha. Populasi pada penelitian ini adalah Pemuda di Indonesia yang bergabung ke dalam komunitas wirausaha di media online facebook yang berjumlah 452.156 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan sampel dilakukan melalui penyebaran kuisioner, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling. Adapun jenis probability sampling yang digunakan adalah simple random sampling kepada 400 Pemuda. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pemuda terhadap entrepreneurship barriers termasuk dalam kategori kuat (81.43%), dengan hambatan tertinggi pada dimensi kurangnya jejaring sosial (88.8%), dan persepsi pemuda terhadap minat berwirausaha juga termasuk kategori kuat (75.87%). Hambatan wirausaha (Entrepreneurship Barrier) memiliki pengaruh yang sangat lemah atau tidak signifikan (9.4%) terhadap minat berwirausaha, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci: Entrepreneurship Barriers, Minat Berwirausaha, Pemuda

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH HAMBATAN WIRAUSAHA TERHADAP MINAT PEMUDA DI INDONESIA UNTUK BERWIRAUSAHA (PADA KOMUNITAS WIRAUSAHA DI MEDIA ONLINE FACEBOOK)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIENDY ANDHIKA PRADANA
Perorangan
Grisna Anggadwita
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini