PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN PENGAWASAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (Studi Kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung )

SHOFAA KARIMAH

Informasi Dasar

18.04.950
657.835
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengelolaan keuangan daerah adalah seluruh kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah. Dalam pelaksanaanya, keuangan daerah harus dikelola secara tertib, taat pada perundang-undangan, efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat (Permendagri Nomor 21 Tahun 2011). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas, transparansi dan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan daerah baik pengaruh secara parsial maupun secara parsial. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian penelitian deskriptif dan bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung. Teknik penentuan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus slovin. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda dan uji hipotesis serta didahului dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan akuntabilitas, transparansi dan pengawasan berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan daerah. Berdasarkan pengujian secara parsial transparansi tidak memiliki pengaruh terhadap pengelolaan keuangan daerah, sedangkan akuntabilitas dan pengawasan memiliki pengaruh terhadap pengelolaan keuangan daerah. Berdasarkan hasil penelitian, maka untuk mendapatkan pengelolaan keuangan yang baik yaitu disarankan agar Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung meningkatkan akuntabilitas dan melakukan kerjasama dengan media informasi atau lembaga non-pemerintah lainnya serta menerapkan pengawasan yang baik dalam susasana kerja yang baik, agar pengelolaan keuangan akan semakin baik. Kata Kunci: Akuntabilitas, transparansi, pengawasan pengelolaan keuangan daerah

Subjek

ACCOUNTING FOR GOVERNMENT
 

Katalog

PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN PENGAWASAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (Studi Kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHOFAA KARIMAH
Perorangan
DINI WAHJOE HAPSARI, MUHAMMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini