Pengaruh Hedonic Shopping dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee_ID

CRUSYTA VALENCIA HURSEPUNY

Informasi Dasar

18.04.936
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Perkembangan teknologi dan informatika pada era globalisasi ini memberikan dampak yang positif disegala bidang. Internet menjadi faktor utama dalam keseharian masyarakat yang dapat saling terhubung diseluruh dunia sehingga pertukaran informasi mulai dari proses penyampaian sampai penerimaan informasi dapat terjadi secara global. Penggunaan internet di Indonesia tumbuh dengan sangat pesat dan hal ini merupakan potensi yang baik untuk kemajuan ekonomi digital Indonesia. Pertumbuhan pengguna internet juga berimbas pada peningkatan bisnis e-commerce dan bisnis online lainnya. Perusahaan yang bergerak dibidang e-commerce berbasis mobile marketplace yang pertama hadir di Indonesia adalah PT.Shopee International Indonesia. Konsumen cenderung melakukan pembelian karena didasari oleh motivasi belanja secara hedonis dan gaya hidup konsumen yang mencerminkan perbedaan status sosialnya. Hedonic shopping motivation merupakan salah satu motivasi belanja yang mendukung terjadinya impulse buying. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle yang mempengaruhi impulse buying dalam pembelian secara online  di Shopee_id.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk di Shopee dengan jumlah sampel sebesar 100 dan teknik sampling yang digunakan yaitu metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. 
Hedonic Shopping Motivation memiliki nilai presentase sebesar 81,13%, hal itu menunjukkan bahwa hedonic shopping motivation termasuk dalam kategori sangat baik. Shopping Lifestyle memiliki nilai presentase sebesar 76,44%, hal itu menunjukkan bahwa shopping lifestyle termasuk dalam kategori baik dan Impulse buying memiliki nilai presentase sebesar 73,63%, hal itu menunjukkan bahwa impulse buying pada Shopee_id termasuk dalam kategori baik.
Hasil dari penelitian ini adalah hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada Shopee_id secara simultan sebesar 35,9%, sedangkan sisanya sebesar 64,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada Shopee_id secara parsial. 

Kata Kunci : Hedonic Shopping Motivation, Impulse Buying, Shopping Lifestyle, Shopee_id.

Subjek

MARKETING
 

Katalog

Pengaruh Hedonic Shopping dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee_ID
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CRUSYTA VALENCIA HURSEPUNY
Perorangan
Farah Oktafani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini