ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016)

NURWULANSARI

Informasi Dasar

18.05.040
332.632 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Kebijakan dividen merupakan kebijakan yang sangat penting, sebab akan melibatkan dua pihak yaitu pemegang saham dan manajemen perusahaan yang dapat mempunyai kepentingan yang berbeda. Kebijakan dividen menentukan penempatan laba, yaitu antara membayar kepada pemegang saham dan menginvestasikan kembali pada perusahaan.

Tujuan penelitian untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi dividend payout ratio pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016 dengan menggunakan variabel ukuran perusahaan, kepemilikan institusi, free cash flow, growth dan return on asset.

Analisis dilakukan dengan menggunakan data yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama periode enam tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling berdasarkan kriteria (1) perusahaan yang melakukan perdagangan sahamnya di Bursa Efek Indonesia; (2) tidak termasuk perusahaan keuangan; (3) Perusahaan menerbitkan laporan keuangan periode 2011-2016; (4) perusahaan terus membagikan dividen mereka per Desember 2011-2016; (5) perusahaan mendapatkan keuntungan positif. Data sekunder diperoleh berdasarkan dokumen yang diterbitkan di www.idx.com. Diperoleh sampel sejumlah 40 perusahaan dari 539 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Teknik analisis yang digunakan di sini adalah analisis regresi data panel dan uji hipotesis menggunakan statistik t untuk menguji koefisien regresi parsial dan statistik f untuk menguji mean efek simultan dengan tingkat signifikansi 5%.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat hubungan antara ukuran perusahaan, kepemilikan institusi, free cash flow, growth dan return on asset dengan dividend payout ratio yang secara simultan berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio sebesar 54.93%.

Hasil penelitian ini pun memperlihatkan bahwa kepemilikan institusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividend payout ratio serta ukuran perusahaan dan return on asset berpengaruh negatif dan signifikan terhadap dividend payout ratio. Sedangkan free cash flow berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap dividend payout ratio serta growth berpengaruh positif dan tidak signifikan.

Subjek

STOCK
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURWULANSARI
Perorangan
Brady Rikumahu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini