ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN RUMAH SAKIT DR. HASAN SADIKIN SEBELUM DAN SETELAH ADANYA PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN (Periode 2011-2015)

SANDRA BOUGENVILLE C I

Informasi Dasar

18.04.873
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung 3 tahun sebelum dan 2 tahun setelah adanya program bpjs kesehatan periode 2011-2015 dengan menggunakan metode Rasio Keuangan. Rasio-rasio yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas, dan Rasio Profitabilitas. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif komparatif. Data yang digunakan diperoleh dari Laporan Keuangan Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin. Selanjutnya Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Analisis data dilakukan menggunakan paired sample t test dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa rasio rumah sakit setelah adanya program BPJS Kesehatan mengalami kenaikan dan penurunan. Rasio Likuiditas dan Aktivitas menunjukkan tidak adanya perbedaan signifikan sebelum dan setelah adanya program BPJS Kesehatan. Hanya Rasio Solvabilitas menunjukkan peningkatan signifikan yang artinya Rumah Sakit mengurangi penggunaan pemakaian hutang dalam membiayai asetnya, sedangkan Rasio Profitabilitas menunjukkan penurunan signifikan yang menggambarkan bahwa kemampuan rumah sakit dalam menghasilkan laba tidak menguntungkan.

Kata kunci : BPJS, Kinerja Keuangan, Paired T Test

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN RUMAH SAKIT DR. HASAN SADIKIN SEBELUM DAN SETELAH ADANYA PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN (Periode 2011-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SANDRA BOUGENVILLE C I
Perorangan
Candra Wijayangka
 

Penerbit

Universitas Telkom, Administrasi Bisnis
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini