ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG PARA WANITA UNTUK MENJADI WOMEN ENTREPRENEUR (STUDI PADA ANGGOTA ASOSIASI PEMASAR PRODUK UKM JAWA BARAT YANG BERDOMISILI DI KOTA BANDUNG)

TITIN RINI KARTINI

Informasi Dasar

18.04.870
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam upaya mendukung peningkatan jumlah wirausaha di Jawa Barat, sejak tahun 2015 wirausaha wanita yaitu Dra. Mutia Oktaviana dan Disperindag Jawa Barat mendirikan Asosiasi Pemasar Produk UKM (APPU) Jawa Barat. Asosiasi ini telah memiliki 200 orang anggota dengan komposisi 180 orang (90%) women entrepreneur dan jumlah tersebut berpotensi untuk terus bertambah. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong para wanita anggota APPU Jawa Barat yang berdomisili di Kota Bandung untuk menjadi women entrepreneur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksploratif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Nonprobability sampling dan metode sampling insidental dengan jumlah responden 106 orang. Dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis faktor untuk menganalisis setiap faktor pendorong berwirausaha. Berdasarkan teknik analisis faktor dengan menggunakan 21 faktor, maka hasil penelitian ini adalah terbentuknya 7 faktor baru, yaitu Family Oriented, Family Background and Friends, Income Stability, Hobby and Facility Support, Public Existency, Challenges and Risks, dan Phisycal Limitation. Sedangkan faktor yang paling dominan yaitu faktor Family Oriented yang terdiri dari variabel menjalankan usaha sekaligus melakukan pekerjaan rumah tangga, memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga, menciptakan kesempatan kerja bagi anggota keluarga, dan adanya kemungkinan keuntungan yang besar.

Kata Kunci : Women Entrepreneur, Analisis Faktor, APPU Jawa Barat

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG PARA WANITA UNTUK MENJADI WOMEN ENTREPRENEUR (STUDI PADA ANGGOTA ASOSIASI PEMASAR PRODUK UKM JAWA BARAT YANG BERDOMISILI DI KOTA BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TITIN RINI KARTINI
Perorangan
Cut Irna Setiawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, Administrasi Bisnis
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini