ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN ANTARA SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI PADA PERUSAHAAN PENGAKUISISI (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG MELAKUKAN AKUISISI TAHUN 2013-2015)

H.M ERSYAD

Informasi Dasar

18.04.803
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Akuisisi adalah penggabungan dua perusahaan yang mana perusahaan akuisitor membeli sebagian besar saham perusahaan yang diakuisisi, sehingga pengendalian manajemen perusahaan yang diakuisisi berpindah kepada perusahaan akuisitor, sementara kedua perusahaan masing-masing tetap beroperasi sebagai suatu badan hukum yang berdiri sendiri. Akuisisi dianggap dapat menciptakan sinergi yang akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan pengakuisisi yang diukur dengan current ratio, net profit margin, debt to equity ratio, total asset turnover, dan earning per share antara sebelum dan sesudah akuisisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah komparatif, dengan populasi yang digunakan adalah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2013-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 28 perusahaan publik yang melakukan aktivitas akuisisi pada periode 2013-2015 berdasarkan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja keuangan CR, DER, TATO, NPM, dan EPS pada perusahaan pengakuisisi antara sebelum dan sesudah melakukan akuisisi.

Kata Kunci: Akuisisi; Kinerja Keuangan; Paired Sample T-Test

Subjek

FINANCIAL PERFORMANCE
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN ANTARA SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI PADA PERUSAHAAN PENGAKUISISI (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG MELAKUKAN AKUISISI TAHUN 2013-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

H.M ERSYAD
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini