Antena Mikrostrip Proximity Coupled Ultra Wide-Band Pada X-Band

PRIYANKA DEILLA MACHMOED

Informasi Dasar

18.04.690
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi ultra wideband (UWB) dapat menunjang untuk kecepatan transmisi data yang tinggi, konsumsi daya yang rendah, dan konfigurasi sederhana pada hardware untuk berbagai aplikasi seperti perangkat RFID, sensor network, location tracking system, serta radar dan remote sensing. UWB memiliki karakteristik pulsa yang sempit sehingga akan mendukung untuk resolusi tinggi, oleh karena itu, pengaplikasian yang berkaitan dengan radar dan remote sensing adalah salah satu pemanfaat teknologi UWB terbaik.

Penelitian ini merancang antena mikrostrip Ultra Wide-band, yang berpotensi untuk diaplikasikan pada Synthetic Aperture Radar (SAR). Salah satu keunggulan bandwidth yang lebar pada SAR adalah dapat menyediakan resolusi yang tinggi. Selain itu, dengan menggunakan dasar berupa antena mikrostrip akan membuat payload SAR menjadi lebih ringan.

Perancangan antena dilakukan dengan simulasi menggunakan software dan direalisasikan dengan substrat dielektrik Roger Duroid RT 5880 dengan konstanta dielektrik ?r = 2,2 dan ketebalan h = 1,575 mm. Hasil simulasi antena bekerja pada frekuensi 9,0004 GHz - 11,644 GHz (X-Band) dengan bandwidth sebesar 2,6436 GHz sehingga antena ini dapat dikategorikan sebagai ultra wide-band. Pada antena yang direalisasikan bandwidth yang dihasilkan sebesar 0,831 GHz di frekuensi 9,6 GHz, namun antena yang direalisasikan menghasilkan dual¬-band dengan frekuensi resonansi kedua di 12,15 GHz. Polarisasi antena adalah linear yang bekerja pada polarisasi horizontal maupun vertikal. Dengan demikian, diharapkan bahwa antena yang dirancang pada penelitian ini akan meningkatkan kualitas dalam pemantauan cuaca.

Kata kunci: Antena mikrostrip, X-band SAR, Ultra Wide-band

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

Antena Mikrostrip Proximity Coupled Ultra Wide-Band Pada X-Band
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PRIYANKA DEILLA MACHMOED
Perorangan
Heroe Wijanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, Teknik Telekomunikasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • TE3423 - ANTENA DAN PROPAGASI
  • TE3713 - ELEKTROMAGNETIKA II
  • TE3623 - ELEKTRONIKA KOMUNIKASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini