PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, PROFITABILITAS DAN MANAJEMEN ASET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2016)

Brady Rikumahu, Wiwin Aminah

Informasi Dasar

18.04.649
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Memaksimalkan kemakmuran pemegang saham menjadi salah satu tujuan perusahaan. Untuk memaksimalkan kesejahteraan pemilik perusahaan dapat dilakukan dengan meningkatkan nilai perusahaan. Perusahaan yang memiliki rasio PBV yang tinggi akan menunjukkan nilai perusahaannya tinggi, kondisi seperti inu akan menarik investor untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Penelitian ini penulis memilih perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam perusahaan pertambangan dikarenakan sektor pertambangan memiliki peran sebagai penyedia sumber daya yang diperlukan bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Hal tersebut dapat menjadi peluang dan prospek yang cukup bagus bagi perkembangan perusahaan pertambangan maupun bagi para pemodal yang ingin menanamkan modalnya pada perusahaan pertambangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan hutang yang diproyeksikan dengan Debt to Equity Ratio(DER), profitabilitas yang di proyeksikan dengan Return On Equity(ROE), dan manajemen aset yang diproyeksikan dengan Total Aset Turnover(TATO) terhadap nilai perusahaan yang diproyeksikan dengan Price to Book Value, secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar pada BEI. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 30 perusahaan pertambangan dengan periode penelitian pada tahun 2013-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 9. Hasil penelitian, secara simultan DER, ROE, dan TATO berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, DER berpengaruh positif signifikan, ROE berpengaruh positif dan tidak signifikan, TATO berpengaruh positif signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka apabila perusahaan pertambangan menginginkan untuk meningkatkan nilai perusahaan, maka perusahaan pertambangan perlu meningkatkan kebijakan hutang dan manajemen aset.

Kata kunci: kebijakan hutang, profitabilitas, manajemen aset, nilai perusahaan ? ABSTRACT

Maximizing shareholder wealth to be one of the company's goals. To maximize the welfare of the company owner can be done by increasing the value of the company. Companies with high PBV ratios will show high corporate value, such conditions will attract investors to invest in the company. This study authors choose companies that are members of mining companies because the mining sector has a role as a provider of resources necessary for economic growth of a country. This can be a good opportunity and prospect for the development of mining companies as well as for the investors who want to invest in mining companies. This study aims to analyze the effect of debt policy projected with Debt to Equity Ratio (DER), projected profitability with Return On Equity (ROE), and asset management projected by Total Asset Turnover (TATO) against firm value projected by Price to Book Value, simultaneously and partially. The population in this study is mining companies listed on BEI. Sample selection technique used is purposive sampling and obtained 30 mining companies with research period in 2013-2016. Data analysis method in this research is panel data regression analysis using software Eviews version 9. The result of research, simultaneously DER, ROE, and TATO have significant influence to company value. Partially, DER have positive significant effect, ROE have positive and insignificant effect, TATO have positive significant effect. Based on the results of this study, if the mining company wants to increase the value of the company, then the mining company needs to improve debt policy and asset management.

Keywords: debt policy, profitability, asset management, firm value

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, PROFITABILITAS DAN MANAJEMEN ASET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Brady Rikumahu, Wiwin Aminah
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini