FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN TENANT TERHADAP PENGELOLA PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus di Pasar Tradisional Cihapit Bandung)

RADEN RORO KARINA FITRIA

Informasi Dasar

18.04.645
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pasar tradisional di Kota Bandung, menjadi perhatian pemerintah Kota Bandung untuk diperbaiki dan dikembangkan. Usaha dalam membangun dan memperbaiki infrastruktur pasar tidak luput dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengunjung yang datang dan menjaga kenyamanan tenant yang berjualan di pasar tradisional. Tetapi walaupun pasar telah dilakukan perbaikan terhdaap pasar tersebut, masih terdapat keluhan dari tenant yang menempati pasar. Penelitian ini dilakukan terhadap tenant pasar tradisional Cihapit di Kota Bandung, dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan tenant terhadap pengelola pasar tradisional. Metode yang digunakan adalah metode kombinasi dengan model sequential exploratory design. Wawancara dilakukan terhadap 6 orang tenant, yang hasilnya akan digunakan sebagai variabel penelitian. Sedangkan untuk metode kuantitatif jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 105 orang. Analisis data pada metode kuantitatif menggunakan analisis faktor eksploratori. Hasil wawancara menghasilkan 12 variabel yang akan digunakan sebagai variabel penelitian, dan setelah dilakukan uji MSA 12 variabel tersebut memenuhi kriteria sehingga 12 variabel tersebut dapat dianalisis lebih lanjut dengan analisis faktor. Penelitian tahap kedua yang menggunakan metode analisis faktor eksploratori menghasilkan tiga faktor yang mempengaruhi kepuasan tenant terhadap pengelola pasar tradisional faktor-faktor tersebut adalah pengelolaan pasar, kondisi dan fasilitas pasar, pencegahan banjir dan dekorasi pasar. Berdasarkan hasil penelitian pengelola pasar tradisional diharapkan untuk memperhatian faktor pengelolaan pasar, kondisi dan fasilitas pasar serta pencegahan banjir, serta variabel yang tersusun di dalam masing-masing faktor. Faktor paling dominan yang mempengaruhi kepuasan tenant adalah pengelolaan pasar karena memiliki nilai varians tertinggi yaitu sebesar 43,466%.

Subjek

SRATEGIC MANAGEMENT
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN TENANT TERHADAP PENGELOLA PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus di Pasar Tradisional Cihapit Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RADEN RORO KARINA FITRIA
Perorangan
Dade Nurjanah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini