Analisis Faktor Konfirmatori Motivasi Pada Pengguna Aplikasi Taksi Online Di Wilayah Bandung

FAJRI YUDHA AULIA

Informasi Dasar

18.04.618
658.872
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Motivasi seseorang yang berbeda – beda dalam menggunakan internet menyebabkan ketidaksetaraan bagi para pengguna internet. Terdapat beberapa faktor motivasi yang menjelaskan perbedaan motivasi masing-masing individu dalam menggunakan Internet yaitu Information ,Career, Personal Development, Shopping, Entertainment, Relaxation, Relationship Maintenance dan Social Interaction. Aplikasi taksi online sebagai salah satu aplikasi yang sedang marak digunakan di Indonesia, patut dilihat bagaimana motivasi pengguna dari aplikasi taksi online dalam menggunakan aplikasinya.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor - faktor yang yang dikonfirmasi dari faktor motivasi pada pengguna di wilayah Bandung dan untuk mengetahui faktor motivasi yang memiliki nilai kontribusi tertinggi dari pengguna aplikasi taksi online di wilayah Bandung.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada pengguna aplikasi taksi online di wilayah Bandung, sebanyak 100 responden. Tipe penelitian adalah Deskriptif Analitis. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis faktor konfirmatori dengan bantuan software SPSS 23 for Windows.

Hasil pengolahan data analisis faktor konfirmatori, terdapat 7 faktor yang dikonfirmasi yaitu: Relaxation, Information & career, Personal Development, Social Interaction, Entertaiment, Relationship Maintenance & Social Interaction, Shopping. Faktor yang memiliki nilai kontribusi tertinggi pada pengguna aplikasi taksi online di wilayah Bandung adalah relaxation dengan persentase nilai kontribusi sebesar 15,635 %.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk perusahaan aplikasi taksi online untuk memberikan pengguna aplikasi lebih banyak akan informasi dan pilihan dari layanan fitur untuk membandingkan produk atau jasa yang tersedia dan informasi harga dari aplikasi taksi online. Maka peneliti selanjutnya perlu untuk mengembangkan penelitian sejenis dengan menggunakan metode yang berbeda misalkan uji korelasi, regresi, dan lain - lain karena hasil analisis fakor konfirmatori penelitian ini bisa digunakan sebagai variabel x untuk penelitian selanjutnya.

Subjek

Entrepreuneurship
 

Katalog

Analisis Faktor Konfirmatori Motivasi Pada Pengguna Aplikasi Taksi Online Di Wilayah Bandung
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAJRI YUDHA AULIA
Perorangan
Lia Yuldinawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini