Makna Emoticon pada Aplikasi Line dalam Komunikasi Virtual (Studi Etnografi Virtual pengguna Line dikalangan Mahasiswa Telkom University yang Berstatus Berpacaran)

ADHYA ANGGA PRATAMA

Informasi Dasar

18.04.587
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana makna dan motif penggunaan emoticon di aplikasi Line pada mahasiwa yang berstatus berpacaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Informan yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 4 informan utama dan 1 informan pendukung. Informan utama yang diambil dari mahasiswa Universitas Telkom dan informan pendukung yang diambil salah satu ahli dibidang cyberculture. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penulis meneliti mengenai aplikasi Line dengan pembahasan mengenai makna dan motif dari penggunaan emoticon. Pertama, makna dan motif dari setiap informan berbeda-beda. Kedua, adanya kesepakatan dalam memaknai suatu emoticon yang sering digunakan. Ketiga, untuk mempersingkat percakapan dan untuk mengekspresikan perasaan dan emosi yang sedang dirasakan. Keempat, saat waktu tertentu penggunaan emoticon lebih sering digunakan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan dari setiap pasangan dalam memaknai emoticon dan motif yang timbul dari dalam diri dalam penggunaan emoticon. Adapula pergesaran makna dari emoticon yang memiliki arti pada umumnya, menjadi makna dan arti yang telah disepakati oleh masing-masing pasangan sehingga emoticon tersebut dimaknai lebih luas.

Kata Kunci: Komunikasi Virtual, Line, Emoticon, Makna, Motif.

Subjek

NEW MEDIA
 

Katalog

Makna Emoticon pada Aplikasi Line dalam Komunikasi Virtual (Studi Etnografi Virtual pengguna Line dikalangan Mahasiswa Telkom University yang Berstatus Berpacaran)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADHYA ANGGA PRATAMA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini