Metode Lokalisasi Berbasiskan RSSI dan Altimeter Pada Kasus Lahan Parkir (Localization Method based On RSSI And Altimeter On Parking Lot Case)

AKBAR PUTRA SITANGGANG

Informasi Dasar

18.04.411
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Metode Lokalisasi Berbasiskan RSSI dan Altimeter Pada Kasus Lahan Parkir Pertambahan penduduk mengakibatkan peningkatan jumlah kendaraan yang signifikan. Namun, seringkali kehidupan masyarakat di kota metropolitan dengan mobilisasi yang tinggi, terkadang menyebabkan kendaraan yang terparkir dilupakan keberadaannya dan mengakibatkan terbuang nya waktu. Oleh sebab itu, penulis merancang sebuah alat yang dapat membantu para pemilik kendaraan pribadi, khususnya mobil, untuk lebih mudah mengetahui letak mobil saat parkir pada sebuah lahan atau gedung parkir. Maka pemilik kendaraan akan memiliki efisiensi waktu yang lebih tinggi. Pada tugas akhir ini dirancang sebuah alat sederhana yang mudah digunakan oleh setiap pemilik kendaraan yang terparkir, menggunakan ponsel pintar berbasis android milik pribadi pemilik mobil. Alat ini akan terhubung dengan ponsel pintar pemilik mobil melalui sinyal WiFi yang menggunakan Received Signal Strength Indicator (RSSI) sebagai acuan penentu posisi setiap mobil. Alat ini dirancang dengan menggunakan beberapa komponen seperti Modul ESP8266 dan Altimeter yang akan saling terhubung untuk mengirimkan data ke Android pemilik mobil. Jika hasil data berupa sinyal yang diterima oleh ponsel pemilik melalui jaringan WiFi kekuatannya semakin besar, artinya posisi mobil sudah semakin dekat dan juga sebaliknya. Alat ini juga dapat mengetahui posisi mobil jika berada di lantai yang berbeda dengan pemiliknya, karena fungsi altimeter pada alat ini adalah mengetahui posisi ketinggian mobil. Berdasarkan hasil pengujian, hasil pengukuran alat ini memiliki rata-rata error 19,2% namun cenderung menghasilkan pengukuran yang lebih besar dari nilai aslinya. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini dapat dikembangkan. Sehingga alat ini dapat berguna untuk masyarakat umum. Kata Kunci: Received Signal Strength Indicator (RSSI), Metode Lokalisasi, Altimeter

Subjek

CONTROL-SYSTEMS
 

Katalog

Metode Lokalisasi Berbasiskan RSSI dan Altimeter Pada Kasus Lahan Parkir (Localization Method based On RSSI And Altimeter On Parking Lot Case)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AKBAR PUTRA SITANGGANG
Perorangan
Junartho, Rizki Ardianto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini