PENGARUH KEBIJAKAN PENDANAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2015

MOCH FAJAR ASSYAARI

Informasi Dasar

18.04.279
332.024 01
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pasar modal menurut Undang-undang Pasar Modal no. 8 tahun 1995 yaitu sebagai suatu kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Dalam rangka pelaksanaan perdagangan pasar modal di Indonesia maka dibentuklah Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menjadi badan resmi pelaksanaan perdagangan pasar modal di Indonesia. Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang beroperasi dengan mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Kegiatan industri manufaktur mempunyai peran penting di perekonomian Indonesia. Sektor ini diharapkan akan mampu menjadi penyelamat dalam persaingan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kebijakan pendanaan, kebijakan dividen dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonisa periode 2012-2015.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan pendanaan, kebijakan dividen dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonisa (BEI) periode 2012-2015 secara parsial maupun simultan.

Penelitian ini menggunakan metode deksriptif verikatif. Pengambillan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data yang diambil adalah 4 tahun dari tahun 2012 sampai 2015. Teknik analisi data yang digunakan ialah statistic deskriptif dan analisa data panel.

Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Debt to Equity Ratio (DER), Divident Payout Ratio (DPR), Return On Asset (ROA) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu Tobin’s Q dengan koefesien determinasi 0.797135 atau 80%. Secara parsial Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap Tobin’s Q, Divident Payout Ratio (DPR) tidak berpengaruh terhadap Tobin’s Q, Return On Asset (ROA) berpengaruh terhadap Tobin’s Q.

Berdasarkan uji yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa semua variabel indpenden yakni kebijakan pendanaan, kebijakan dividen dan profitabillitas berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial menunjukan bahwa kebijakan pendanaan dan profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kebijakan dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: kebijakan pendanaan, kebijakan dividen, profitabilitas, nilai perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KEBIJAKAN PENDANAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2015
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCH FAJAR ASSYAARI
Perorangan
Dudi Pratomo, Siska P.Yudowati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini