DESAIN DAN IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING DENGAN METODE SOFTWARE AS A SERVICE MENGGUNAKAN SEAFILE (STUDI KASUS FAKULTAS ILMU TERAPAN TELKOM)

JODHI MUHAMAD ZUHAIR

Informasi Dasar

18.06.021
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Cloud Computing (Komputasi Awan) merupakan suatu model layanan dimana server memungkinkan berbagi sumber daya komputasi (seperti storage, CPU, memory, network bandwith, dsb) secara terpusat, terstruktur, dan tersebar pada akses jaringan sesuai permintaan (on-demand). Teknologi Cloud Computing semakin berkembang sehingga dapat diaplikasikan secara virtual maupun fisik untuk memenuhi kebutuhan sejumlah konsumen dalam waktu bersamaan (multi-tenant), dan mengelola sistem dengan cepat yang diupayakan seminimal mungkin oleh penyedia layanan. Dalam hal ini Cloud Computing memiliki 3 (tiga) model layanan yaitu salah satunya adalah Software as a Service (SaaS) merupakan infrastruktur yang disediakan pemilik (provider) kepada konsumen untuk menggunakan layanan aplikasi yang berjalan pada suatu jaringan. Pada saat ini Fakultas Ilmu Terapan membutuhkan penyimpanan berkas-berkas tugas setiap angkatan untuk di setorkan kepada dosen, file sharing, sinkronisasi, dan lain-lain tanpa harus menggunakan penyedia jasa layanan cloud storage lainnya untuk menyimpan data. Dimana pusat data tersebut berada di Fakultas Ilmu Terapan untuk meminimalisir masalah yang akan terjadi jika menggunakan penyedia jasa lainnya atau pihak ketiga, sehingga dibutuhkan Seafile sebagai salah satu aplikasi open source yang memiliki layanan cloud storage yang tersinkronisasi dengan beberapa pengguna baik secara private maupun public. Seafile ini mendukung sistem operasi windows atau ubuntu, dan memiliki beberapa fitur seperti penyimpanan berkas yang terstruktur menggunakan library, dapat diakses secara public maupun private, file sharing, backup data dan recovery.

Kata Kunci: Cloud Computing, Software as a Service, Seafile

Subjek

CLOUD COMPUTING
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING DENGAN METODE SOFTWARE AS A SERVICE MENGGUNAKAN SEAFILE (STUDI KASUS FAKULTAS ILMU TERAPAN TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JODHI MUHAMAD ZUHAIR
Perorangan
Devie Ryana Suchendra, Nina Hendrarini
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini