IMPLEMENTASI LAYANAN Infrastructure as a Services (IaaS) DALAM BENTUK PRIVATE CLOUD BERBASIS OpenStack DAN OpenVPN UNTUK MENDUKUNG PERANGKAT Internet of Things (IoT)

CHOERUL UMAM

Informasi Dasar

18.06.017
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Internet of Things (IoT) merupakan salah satu teknologi yang banyak dimininati oleh masyarakat modern. Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan tersebut, saat ini IoT menjadi salah satu topik dalam proyek akhir di Program Studi D3 Teknik Komputer, Universitas Telkom. Dalam mencapai tujuan tersebut, Peran infrastruktur server sangatlah penting. Hal tersebut karena server berperan sebagai penyedia berbagai layanan yang dibutuhkan oleh perangkat IoT. Pada proyek akhir ini dibahas mengenai proses implementasi layanan insfrastruktur as a Service berbasis OpenStack dan OpenVPN untuk mendukung perangkat IoT. Proyek akhir ini dibangun dengan menggunakan tiga unit komputer server sebagai infrastruktur pada sistem, aplikasi OpenStack sebagai pengelola infrastruktur, dan OpenVPN sebagai media penghubung antara jaringan lokal dan jaringan publik. Melalui proses pengujian sistem pada jaringan lokal dan jaringan publik, instance (Virtual Machine) yang dihasilkan oleh sistem berhasil diimplementasikan sebagai Web Server dan MQTT broker. Instance mampu menangani request dari perangkat IoT yang berperan sebagai client.

Kata Kunci: Internet of Things, Infrastructure as a Service, OpenVPN, Virtual Server

Subjek

CLOUD COMPUTING
 

Katalog

IMPLEMENTASI LAYANAN Infrastructure as a Services (IaaS) DALAM BENTUK PRIVATE CLOUD BERBASIS OpenStack DAN OpenVPN UNTUK MENDUKUNG PERANGKAT Internet of Things (IoT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHOERUL UMAM
Perorangan
Devie Ryana Suchendra, Rini Handayani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini