Klasifikasi Sentiment Analysis pada Review Film Berbahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Doc2Vec dan Support Vector Machine (SVM)

WINDA CHRISTINA WIDYANINGTYAS

Informasi Dasar

18.04.120
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sentimen merupakan sebuah penilaian dari seseorang berupa pendapat atau komentar terhadap suatu topik atau produk tertentu. Analisis sentiment berfungsi untuk melihat pendapat dan komentar terhadap suatu masalah atau topic tertentu cenderung positif atau negatif. Penelitian Tugas Akhir ini menjelaskan klasifikasi sentiment pada dokumen review film untuk mempermudah orang lain dalam mengetahui kualitas sebuah film. Dengan kemajuan di bidang teknologi banyak informasi yang tersedia di internet, salah satunya review film. Review film berisikan pendapat orang lain mengenai ulasan film. Jika informasi tersebut diolah dengan baik, maka akan diperoleh informasi mengenai kualitas film. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Doc2Vec untuk mengekstraksi data menjadi vektor. Doc2Vec dipilih karena metode ini membantu komputer untuk mengidentifikasi kombinasi kata yang akan diklasifikasi. Metode klasifikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Support Vector Machine (SVM) karena SVM mampu mengklasifikasikan data berdimensi tinggi. Proses klasifikasi dilakukan dengan melatih data yang telah ditentukan sehingga akan menghasilkan sebuah model yang akan diujukan pada data testing. Dari uji skenario yang dilakukan, algoritma Doc2Vec dan SVM yang digunakan pada kasus review film memiliki nilai F1-Measure sebesar 54.1872% Kata kunci: Sentiment Analysis, Doc2Vec, Support Vector Machine (SVM), review film

Subjek

Text mining
 

Katalog

Klasifikasi Sentiment Analysis pada Review Film Berbahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Doc2Vec dan Support Vector Machine (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WINDA CHRISTINA WIDYANINGTYAS
Perorangan
Adiwijaya, Said Al Faraby
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CCH3F3 - KECERDASAN BUATAN
  • CIG4A3 - PEMBELAJARAN MESIN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini