KOMODIFIKASI KONTEN PRIVASI PROGRAM KATAKAN PUTUS EPISODE PERJUANGANKU UNTUK IBU YANG KU SAYANG (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE)

NABILAH ZAHIDAH

Informasi Dasar

18.04.029
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Televisi merupakan salah satu media massa paling efektif untuk menyampaikan pesan atau informasi. Televisi memiliki sebuah program, program merupakan sebuah acara-acara televisi, program televisi dibagi menjadi program berita dan non-berita. Salah satu program televisi yang laris dimasyarakat adalah reality show. Dalam Reality Show sering kali mengandung sebuah komodifikasi. Komodifikasi adalah proses mengubah nilai guna menjadi nilai tukar. Salah satu komodifikasi yang sering dilakukan adalah sebuah komodifikasi konten privasi. Dimana dalam program tersebut menjual privasi seseorang kepada khalayak. Hal tersebut seperti program Reality Show “Katakan Putus” Trans TV dalam episode PerjuanganKu untuk Ibu yang Ku Sayang yang mengkomodifikasi konten privasi seseorang dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komodifikasi privasi direpresentasikan pada program “Katakan Putus” dalam episode PerjuanganKu untuk Ibu yang Ku Sayang. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan paradigm kritis dan analisis semiotika John Fiske. Dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada program “Katakan Putus” episode PerjuanganKu untuk Ibu yang Ku Sayang mengandung sebuah komodifikasi privasi yang disengaja, yang diperlihatkan melalui dialog dan gesture antar pemain yang berada dalam episode kali ini. Kata Kunci: Komodifikasi, Reality Show, Semiotika

Subjek

Communication
 

Katalog

KOMODIFIKASI KONTEN PRIVASI PROGRAM KATAKAN PUTUS EPISODE PERJUANGANKU UNTUK IBU YANG KU SAYANG (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NABILAH ZAHIDAH
Perorangan
Rana Akbari Fitriawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, Ilmu Komunikasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini