Pengaruh Pelaksanaan Program Pemeliharaan Karyawan Terhadap Loyalitas Karyawan PT Alstom Grid Jakarta : Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper Forum, Manajemen Indonesia (Fmi) Ke-4 "Indonesia Family Business Sustainability"

Yuliani Rachma Putri, Virdyana Ryan Astari

Informasi Dasar

17.24.186
658.315
E-Article
18 A

Loyalitas karyawan dalarn suatu perusahaan mutlak diperlukan untuk menunjang tercapainya tujuan perusahaan. Loyalitas kerja akan tercipta apabila karyawan merasa tercukupi dalam memenuhi kebutuhan hiclup dari hasil pekerjaannya, sehingga mereka betah bekerja dalam satu perusahaan. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui loyalitas karyawan pada PT. ALSTOM Grid Jakarta karena pada perjalanan bisnisnya mengalami beberapa kali proses akuisisi dan sejalan dengan proses akuisisi tersebut terjadi beberapa kasus pengunduran diri. Penelitian ini juga untuk mengetahui sejauh mana upaya perusahaan dalam melaksanakan program perneliharaan karyawan terrnasuk didalamnya: bagaimana pelaksanaan komunikasi, pemberian insentif, kesejahteraan karyawan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Karyawan (K3) serta hubungan industrial pancasila agar karyawan dapat dipertahankan dalam perusahaan. Secara keseluruhan penelitian ini pada akhirnya adalah untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Program Pemeliharaan Karvawan terhadap Loyalitas Karyawan pada PT. ALSTOM Grid Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kausal. Data diperoleh dengan cara menyebar kuesioner kepada 62 responden. Teknik pengambilan sarnpel dengan menggunakan teknik probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling dan data tersebut di olah menggunakan analisis jalur. Sedangkan dalam proses pengolahan data menggunakan software SPSS Version 17.0 for windows dan Microsoft excel 2007. Dari hasil penelitian setelah menggunakan metode trimming didapatkan bahwa hanya variabel insentif dan variabel Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan. Besarnya kontribusi insentif terhadap loyalitas karyawan adalah 18,4% dan besarnya kontribusi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap loyalitas karyawan adalah 19,8 %. Besarnya kontribusi insentif dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara simultan terhadap loyalitas karyawan adalah 54,9% dan sisanya sebesar 45, 1 % dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian.

Kata Kunci: Program Pemeliharaan Karyawan, Loyalitas Karyawan

Subjek

EMPLOYEE RELATIONSHIPS
LOYALTY,

Katalog

Pengaruh Pelaksanaan Program Pemeliharaan Karyawan Terhadap Loyalitas Karyawan PT Alstom Grid Jakarta : Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper Forum, Manajemen Indonesia (Fmi) Ke-4 "Indonesia Family Business Sustainability"
 
16p.: pdf file.; 1,144 KB
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yuliani Rachma Putri, Virdyana Ryan Astari
Perorangan
 
 

Penerbit

Forum Manajemen Indonesia
Yogyakarta
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini