ANALISIS PERBEDAAN RETURN DAN TINGKAT LIKUIDITAS SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT (Studi Pada Perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2011)

CEICILIA DENISENDY

Informasi Dasar

17.04.4075
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan pasar modal sebagai lembaga piranti investasi memiliki fungsi ekonomi dan keuangan yang semakin diperlukan oleh masyarakat sebagai media alternatif dan penghimpun dana. Para investor yang bertransaksi di lantai bursa untuk membuat suatu keputusan dalam memilih portofolio investasi yang menguntungkan, maka investor memerlukan informasi. Salah satu informasi yang tersedia adalah pengumuman pemecahan saham atau stock split. Tujuan dilakukannya stock split antara lain agar saham lebih menarik dimata investor, karena secara psikologis investor lebih tertarik membeli saham yang murah. Manajemen perusahaan yakin bahwa apabila kepemilikan saham semakin luas maka hubungan dengan masyarakat akan lebih baik, sehingga adanya stock split dapat mengurangi nilai pasar saham dan memiliki kemampuan menarik mayoritas investor potensi. Pada dasarnya penelitian tentang stock split sudah sering dilakukan. Namun, permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil penelitian yang berbeda-beda, maka diperlukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini dilakukan pada 16 perusahaan go public yang melakukan stock split di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2006-2011. Penelitian ini menggunakan analisis uji Paired Sample t Test dengan periode pengamatan (event window) selama 10 hari yaitu t-5 (5 hari sebelum stock split) dan t+5 (5 hari sesudah stock split). Dan periode estimasi (estimation period) selama 100 hari sebelum event date. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling.

 Berdasarkan hasil penelitian, hipotesis pertama diterima karena terdapat perbedaan signifikan pada return saham yang diukur menggunakan abnormal return sebelum dan sesudah stock split. Sedangkan pada hipotesis kedua ditolak karena tidak terdapat perbedaan signifikan pada likuiditas saham yang diukur dengan menggunakan Trading Volume Activity (TVA) sebelum dan sesudah stock split. Hal ini berarti return saham mendapatkan reaksi dari pasar sedangkan likuiditas saham tidak mendapatkan reaksi dari pasar.

Kata kunci: stock split, return saham, likuiditas saham.

Subjek

INVESTASI BURSA SAHAM INDONESIA
 

Katalog

ANALISIS PERBEDAAN RETURN DAN TINGKAT LIKUIDITAS SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT (Studi Pada Perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2011)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CEICILIA DENISENDY
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini