Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Struktur Modal Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris Pada Emiten LQ45 Tahun 2010-2012)

RHIS OGIE DEWANDARU

Informasi Dasar

17.04.4043
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Kebijakan dividen merupakan suatu fenomena yang sangat menarik untuk diteliti karena pembagian dividen merupakan indikasi bahwa perusahaan sedang mengekspresikan kepercayaan diri terhadap pemegang saham. Tetapi di sisi lain, perusahaan yang tidak membagikan dividen karena perusahaan sedang mengalami kepentingan kas atau alasan perusahaan untuk memperbesar laba ditahan dalam rangka melakukan ekspansi perusahaan atau investasi. Dari fenomena tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Struktur Modal Terhadap Kebijakan Dividen Pada Emiten LQ45.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Struktur Kepemilikan dan Struktur Modal Terhadap Kebijakan Dividen. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Perusahaan sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 14perusahaan. Penelitian ini menggunakan pool data. Pool data adalahgabungan data times series dengan cross section. Metode analisisyang digunakan adalah analisis Regresi Panel Data, uji hipotesismenggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu struktur kepemilikan dan struktur modal secara simultan mempunyai pengaruh terhadap kebijakan dividen. Variabel independen yang digunakan yaitu struktur kepemilikan dengan indikator kepemilikan institusional dan struktur modal dengan indikator leverage. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel struktur kepemilikan berpengaruh secara signifikan terhadap kebijakan dividen sedangkan variabel struktur modal tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan dividen.

Keywords: Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, Kebijakan Dividen.

Subjek

MANAGEMANT ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Struktur Modal Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris Pada Emiten LQ45 Tahun 2010-2012)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RHIS OGIE DEWANDARU
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini