ANALISIS PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) TERHADAP HARGA SAHAM (Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2011)

CITRA HURUN AINUN

Informasi Dasar

17.04.4016
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Kegiatan penanaman modal oleh seorang investor tentu membutuhkan informasi tentang keadaan perusahaan yang bersangkutan. Informasi tersebut membantu investor untuk menilai kinerja manajemen perusahaan. Pada umumnya kinerja manajemen diukur berdasarkan rasio keuangan yang mengabaikan biaya modal atas investasi. Oleh sebab itu, munculnya kinerja keuangan yang lebih modern yaitu Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). EVA dapat menggambarkan efisiensi perusahaan dan MVA mampu menggambarkan seberapa besar kekayaan yang dapat diciptakan oleh manajemen perusahaan kepada para investor dan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap harga saham pada sektor properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2007 – 2011. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji dan memberikan bukti empiris pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap harga saham baik secara simultan ataupun parsial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis statistik deskriptif. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan metode analisis regresi linear berganda untuk menguji EVA dan MVA yang dianggap berpengaruh terhadap harga saham. Sampel penelitian ini diperoleh secara purposive sampling, yaitu terdiri dari 18 perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2007 – 2011. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Economic Value Added (EVA) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan variabel Market Value Added (MVA) memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham.

Kata kunci : Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), harga saham.

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) TERHADAP HARGA SAHAM (Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2011)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CITRA HURUN AINUN
Perorangan
YANE DEVI ANNA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini