ANALISIS PENERAPAN SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING TERHADAP PERUBAHAN RETURN ON INVESTMENT PERUSAHAAN

WILLIAM

Informasi Dasar

17.04.4004
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan teknologi informasi merupakan salah satu cara yang paling populer dan sangat dibutuhkan dalam pengembangan dan pendukung berjalannya sebuah perusahaan pada saat ini. ERP adalah sebuah sistem dengan model yang dibangun memiliki visi untuk menyediakan bisnis dengan sebuah sistem informasi yang terintegrasi. Tujuan ERP adalah mengintegrasikan proses kunci dari perusahaan sehingga mampu memberikan dukungan bagi semua praktek terbaik dalam bisnis, memungkinkan implementasi praktek-praktek tersebut ke arah pencapaian produktivitas dan menguasai konsumen dengan memodifikasi proses bisnis sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memeriksa keterkaitan penerapan sistem enterprise resource planning terhadap perubahan return on invesment pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna sistem ERP yang berada di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. sampel yang dipilih berdasarkan simple random sampling sebanyak 227 orang. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dengan teknik survey atau menggunakan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen, yaitu penerapan sistem ERP memiliki keterkaitan terhadap perubahan ROI. Hasil survey variabel (X) yaitu penerapan sistem entreprise resource planning sebesar 84,6% yang termasuk kategori sangat tinggi. Hal ini sejalan dengan varibel (Y) yaitu perubahan return on investment perusahaan yang mengalami kenaikan yang positif sebesar 0,08 pada periode 2011 sampai 2012. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan sistem entreprise resource planning menunjang perubahan ROI dalam perusahaan.

Keywords: sistem enterprise resource planning, Return On Investment

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

ANALISIS PENERAPAN SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING TERHADAP PERUBAHAN RETURN ON INVESTMENT PERUSAHAAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WILLIAM
Perorangan
DUDI PRATOMO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini