ANALISIS PENGARUH KOMPONEN ARUS KAS DAN LABA BERSIH TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan Real Estate dan Properti yang Listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2011)

SATRIA SABIILLILLAH

Informasi Dasar

17.04.3993
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saham suatu perusahaan dapat dinilai dari pengembalian (return) yang diterima oleh pemegang saham. Return bagi pemegang saham dapat berupa penerimaan deviden tunai atau perubahan harga saham pada suatu periode. Kinerja pengukuran yang digunakan oleh pemegang saham dalam keputusan investasi adalah arus kas dan laba bersih. Selain itu, investor juga mempertimbangkan karakteristik keuangan perusahaan.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh komponen arus kas

( arus kas operasi, arus kas investasi, arus kas pendanaan ) dan laba bersih terhadap return saham pada perusahaan real estate dan properti yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2011.

 Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskrtiptif verifikatif  bersifat

kausalitas. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan real estate dan properti periode 2008-2011 dengan sampel sebanyak 14 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling.Jenis data yang dikumpulkan dan digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data panel.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen, yaitu arus kas

operasi, arus kas investasi secara simultan berpengaruh terhadap return saham. Sedangkan secara parsial, arus kas operasi tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, arus kas investasi berpengaruh signifikan terhadap return saham, arus kas pendanaan tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham dan laba bersih berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil analisis regresi data panel menunjukkan bahwa koefisien determinasi R Square = 48% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian.

Keywords: arus kas operasi, arus kas investasi, arus kas pendanaan, laba bersih, return saham

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH KOMPONEN ARUS KAS DAN LABA BERSIH TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan Real Estate dan Properti yang Listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2011)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SATRIA SABIILLILLAH
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini